Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, July 1, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

392 Atlet Mahasiswa Indonesia Berlaga di ASEAN University Games 2024

Kemendikbudristek melepas 392 atlet mahasiswa yang berlaga di ASEAN University Games 2024 di Jawa Timur. (Dok. Kemendikbud)

TopCareer.id – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melepas 392 atlet mahasiswa untuk berlaga di ASEAN University Games atau AUG 2024.

ASEAN University Games 2024 digelar di Surabaya dan Malang, Jawa Timur dari 25 Juni sampai 6 Juli 2024, dengan sekitar 5.000 peserta dari 11 negara Asia Tenggara.

Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Sri Suning Kusumawardani mengungkapkan, kontingen Indonesia terdiri dari 392 atlet, 91 official cabang olahraga, 20 International Technical Official, dan 53 official kontingen.

Kontingen Indonesia berasal dari atlet Pelatnas dan Pemenang ajang talenta Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) yang diselenggarakan Puspresnas melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI).

“Peserta dan atlet berasal dari 140 perguruan tinggi di seluruh Indonesia dan terdapat satu atlet Indonesia yang saat ini sedang berkuliah di China,” kata Sri, dikutip dari situs resmi Kemdikbud, Jumat (28/6/2024).

Baca Juga: Kemendikbudristek Siapkan Beasiswa Program Master Di NTU Singapura

“Hal ini menunjukkan betapa luasnya partisipasi dan kontribusi dari berbagai institusi pendidikan tinggi di Indonesia dalam mendukung prestasi olahraga mahasiswa di tingkat internasional,” pungkasnya.

Staf Ahli Mendikbudristek Bidang Manajemen Talenta, Tatang Muttaqin mengatakan, ASEAN University Games bukan sekadar kompetisi olahraga antar mahasiswa.

“Ini adalah platform yang mempertemukan pemuda-pemudi terbaik dari seluruh ASEAN untuk menunjukkan keunggulan, kerja keras, dan semangat sportivitas,” kata Tatang saat melepas Kontingen Indonesia di Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Selasa pekan ini.

ASEAN University Games 2024 mempertandingkan 21 cabang olahraga yaitu futsal, petanque, voli, tenis, renang, sport climbing, 3X3 basket, judo, bola tangan, wushu, bridge, catur, atletik, basket, badminton, panahan, voli pantai, sepak takraw, taekwondo, pencak silat, dan karate.

ASEAN University Games atau AUG merupakan ajang olahraga dua tahunan yang melibatkan atlet dari perguruan tinggi di negara-negara ASEAN.

AUG untuk pertama kali diadakan di Chiang Mai, Thailand pada 1981. Indonesia telah menjadi tuan rumah ASEAN University Games sebanyak lima kali yaitu pada 1982, 1990, 2004, 2014, dan 2024.

Leave a Reply