Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Sunday, September 8, 2024
idtopcareer@gmail.com
LifestyleTren

Hari Kebaya Nasional 2024, Kenapa Dirayakan?

Tanggal 24 Juli ditetapkan sebagai Hari Kebaya Nasional.Tanggal 24 Juli ditetapkan sebagai Hari Kebaya Nasional. (dok. Setkab)

TopCareer.id – Indonesia pada 24 Juli 2024 untuk pertama kalinya memperingati Hari Kebaya Nasional.

Peringatan Hari Kebaya Nasional ditetapkan Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden Nomor 19 Tahun 2023 tentang Hari Kebaya Nasional pada 4 Agustus 2023.

Namun, Hari Kebaya Nasional tidak dimasukkan ke dalam hari libur. Kalau begitu, apa sebenarnya tujuan dari peringatan ini?

Mengutip setkab.go.id, Rabu (24/7/2024), ada sejumlah pertimbangan yang membuat pemerintah menetapkan peringatan ini.

Baca Juga: Tema Dan Filosofi Logo Hari Anak Nasional 2024

Pertama, kebaya merupakan identitas nasional perekat bangsa yang bersifat lintas etnis dan telah berkembang menjadi aset budaya yang sangat berharga sehingga perlu dijaga dan dilestarikan keberadaannya.

Kedua, kebaya berkembang menjadi busana yang digunakan secara nasional dalam berbagai kegiatan baik yang berskala nasional maupun internasional.

Baca Juga: Kepemimpinan Perempuan Masih Hadapi Sederet Tantangan

Ketiga, dalam Kongres Wanita Indonesia X yang dihadiri Presiden Soekarno dinyatakan revolusi Indonesia tidak dapat berjalan tanpa keterlibatan perempuan, di mana seluruh perempuan yang hadir pada kongres tersebut memakai kain kebaya.

“Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kebaya, maka pemerintah menetapkan tanggal 24 Juli sebagai Hari Kebaya Nasional,” tulis Keppres tersebut.

Leave a Reply