Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Friday, September 20, 2024
idtopcareer@gmail.com
Sosok

Rohana Kudus, Wartawan Perempuan yang Jadi Pahlawan

Rohana Kudus, wartawan perempuan pertama Indonesia yang jadi Pahlawan Nasional (Wikipedia)

Karena tak punya anak, pasangan Sutan dan Adiesa menganggap Rohana sebagai anak sendiri. Adiesa sering memanggil Rohana untuk main di rumahnya. Di sana, dia juga diajari baca, tulis, dan berhitung.

Dua tahun diajari Adiesa, Rohana pun sudah bisa menulis dalam huruf Arab, Arab Melayu, dan latin. Dia bahkan sudah bisa berbahasa Belanda saat delapan tahun.

Saat dewasa, Rohana adalah sosok yang peduli dengan nasib sesama perempuan. Ia pun mendirikan Sekolah Kerajinan Amai Setia, sekolah untuk kaum putri yang mengajarkan keterampilan.

Lewat diskusi dengan suaminya Abdul Kudus, ia mengungkapkan keinginannya untuk memperluas perjuangan. Dia ingin lebih banyak berbagi ilmu pengetahuan dan pengalaman dengan kaum perempuan di daerah lain.

Rohana kemudian mengirim surat kepada Datuk Sutan Maharadja, pemimpin redaksi Oetoesan Melajoe, di Padang, yang merupakan wartawan senior.

Dia menyampaikan keinginannya agar perempuan diberi kesempatan mendapat pendidikan sama seperti lelaki, serta mengusulkan agar Oetoesan Melajoe memberi ruang pada tulisan perempuan.

Maharadja yang tersentuh dengan surat itu pun pergi ke Koto Gadang, untuk menemuinya. Dalam pertemuan itu, Rohana menyampaikan idenya tidak sebatas pemberian ruang bagi tulisan perempuan di Oetoesan Melajoe, tapi juga menerbitkan surat kabar yang khusus perempuan.

Leave a Reply