Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Friday, September 20, 2024
idtopcareer@gmail.com
Sosok

Rohana Kudus, Wartawan Perempuan yang Jadi Pahlawan

Rohana Kudus, wartawan perempuan pertama Indonesia yang jadi Pahlawan Nasional (Wikipedia)

Salah satu yang pernah dibahas Rohana adalah keterampilan perempuan Minangkabau dalam menjahit dan merangkai manik-manik, atau hiasan untuk pakaian. Tulisan ini dimuat dalam artikel berjudul “Perhiasan Pakaian“, yang terbit Sabtu, 7 Agustus 1912.

Di situ, ia menyoroti beberapa jenis keahlian tidak diturunkan sempurna dari nenek ke anak cucu mereka. Padahal menurutnya, jika keahlian itu diturukan dengan baik dan ditekuni, hasilnya bisa mendatangkan keuntungan finansial bagi perempuan. Rohana pun mengajak para perempuan untuk berbisnis dengan modal keterampilan menghias baju.

Tak cuma terlibat dalam penerbitan Soenting Melajoe, saat Rohana pindah ke Medan tahun 1920, ia bekerja sama dengan Satiman Parada Harahap untuk memimpin redaksi Perempuan Bergerak.

Sekembalinya ke Minangkabau pada 1924, Rohana diangkat menjadi redaktur di surat kabar Radio, harian yang diterbitkan Cinta Melayu di Padang.

Rohana Kudus meninggal di Jakarta tanggal 17 Agustus 1972. Ia dimakamkan di Taman Pemakaman Umum Karet Bivak. Pada 8 November 2021, Google Indonesia sempat memberikan penghargaan untuknya, dengan menampilkan wajahnya sebagai Google Doodle, sebagai peringatan penetapannya sebagai Pahlawan Nasional.

Leave a Reply