TopCareerID

Gregoria Mariska Sumbang Medali Olimpiade 2024 Pertama Buat RI

ebulutangkis Gregoria Mariska sumbang medali pertama buat Indonesia di Olimpiade Paris 2024. (Kemenpora/NOC Indonesia)

TopCareer.id – Gregoria Mariska Tunjung menyumbangkan medali pertama buat Timnas Indonesia di Olimpiade Paris 2024 dari cabang olahraga bulutangkis.

Meski begitu, medali perunggu yang didapatkan Gregoria Mariska diraih usai lawannya di perebutan peringkat tiga, Carolina Marin asal Spanyol, mengalami cedera.

Marin sempat unggul 21-14 dalam pertandingan semifinal melawan wakil Tiongkok He Bing Jiao. Namun, di gim kedua, dia mengalami cedera saat skor 10-8. Ia pun tak bisa melanjutkan pertandingan dan Gregoria dipastikan mendapat medali perunggu Olimpiade Paris 2024.

Baca Juga: 25 Persen WiFi Publik di Olimpade 2024 Tak Aman

Terkait ini, Gregoria mengaku bingung meski dirinya bersyukur atas medali perunggunya.

“Bingung ya, salah banget aku happy dengan penderitaan orang lain. Ini musibah untuk Marin, tapi aku bingung bereaksi saja, kaya tidak mau ini terjadi aja. Jujur banget aku bersyukur medalinya, tapi bukan happy gitu,” kata Gregoria, seperti mengutip situs resmi Kemenpora, Senin (5/8/2024).

Gregoria Mariska Tunjung, atau biasa dipanggil Jorji, merupakan pebulutangkis puteri Indonesia kelahiran Wonogiri, Jawa Tengah, pada 11 Agustus 1999.

Profil Gregoria Mariska Tunjung

Mengutip berbagai sumber, Gregoria bergabung dengan Pelatnas Cipayung pada 2013. Ia meraih runner-up di nomor tunggal putri pada Malaysia International Challenge 2014. Di Singapore International, saat berusia 16 tahun, dia menjadi juara.

Tahun 2016, Jorji memenangkan medali perak untuk tunggal putri Asian Junior Championships. Pada SEA Games 2017, dia meraih medali perunggu. Masih di 2017, dia melanjutkan prestasinya sebagai orang Indonesia pertama dalam 25 tahun, yang memenangkan World Junior Championship tunggal putri.

Di ASIAN Games Jakarta-Palembang 2018, Jorji meraih medali perunggu untuk kategori beregu putri. Di 2022, ia berhasil menjadi pemenang dalam kategori Beregu Putri di Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia Selangor 2022.

Kemudian di Piala Uber Chengdu 2024, dia mendapatkan medali perak untuk beregu putri, dilanjutkan dengan medali perunggu Olimpiade 2024.

Di Pesta Olahraga Dunia Paris ini, Gregoria kalah di semifinal dari An Se-young asal Korea Selatan di Porte de la Chapelle Arena, Paris, Minggu (4/8) siang. Gregoria harus mengakui keunggulan Se-young dalam tiga set (21-11, 13-21, dan 16-21).

Dengan raihan Gregoria Mariska ini, perunggu menjadi medali pertama Indonesia pada Olimpiade 2024.

Exit mobile version