Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Saturday, September 21, 2024
idtopcareer@gmail.com
Sosok

Laksamana Maeda, Perwira Jepang dalam Sejarah Proklamasi RI

Laksamana Tadashi Maeda (Wikimedia Commons)

TopCareer.id – Nama Laksamana Maeda terselip dalam buku-buku sejarah yang menceritakan tentang detik-detik proklamasi kemerdekaan Indonesia. Literatur mencatatnya sebagai salah satu orang Jepang yang punya andil dalam terlaksananya proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Laksamana Muda Tadashi Maeda, lahir pada 3 Maret 1898 di Kagoshima, Jepang. Mengutip esi.kemdikbud.go.id, ia merupakan keturunan keluarga samurai Satsuma. Ayahnya berprofesi sebagai kepala sekolah di Kajiki.

Saat berusia 18 tahun, Maeda menempuh pendidikan di Akademi Angkatan Laut Jepang dan mengambil spesialisasi navigasi kapal laut. Di 1930, ia berpangkat letnan satu dalam Angkatan Laut Kekaisaran Jepang.

Laksamana Maeda kemudian menjabat sebagai perwira tinggi Angkatan Laut Jepang di Hindia Belanda pada masa Perang Pasifik.

Baca Juga: Abdul Muis, Sang Pahlawan Nasional Pertama Indonesia

Di Indonesia, Maeda berhubungan baik dengan beberapa tokoh seperti Ahmad Subardjo dan A. A. Maramis, di samping beberapa pemuda yang bekerja di kantornya.

Maeda dan Soebardjo sendiri sudah kenal sejak di Den Haag, Belanda, dan Berlin, Jerman pada 1930. Kala itu, Soebardjo aktif di Jong Java dan Persatuan Mahasiswa Indonesia di Belanda.

Mengutip Indonesia.go.id, Soebardjo menjadi wakil Indonesia bersama Mohammad Hatta dalam Liga Menentang Imperialisme dan Penindasan Penjajah di Brussels, Belgia dan Jerman. Saat itu Maeda sempat menjadi atase pertahanan Kedutaan Besar Kekaisaran Jepang di Belanda dan Jerman.

Maeda adalah salah satu dari sedikit perwira militer Jepang yang bersimpati dengan perjuangan pemuda-pemuda Indonesia untuk mewujudkan kemerdekaan.

Leave a Reply