Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Friday, September 20, 2024
idtopcareer@gmail.com
Tren

Indonesia Wajib Waspada Gempa Megathrust

Ilustrasi gempa bumi-earthquake.Ilustrasi gempa bumi (Pexels)

Namun, kata Daryono, apa yang terjadi di jepang dapat dipantau secara realtime dan dianalisis dengan cepat, termasuk memodelkan tsunami yang bakal terjadi dan dampaknya menggunakan system InaTEWS (Indonesia Tsunami Early Warning System).

Daryono menegaskan, BMKG akan segera menyebarluaskan informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami di seluruh Indonesia, khususnya wilayah bagian utara.

Sebagai langkah antisipasi dan mitigasi, BMKG juga sudah menyiapkan sistem monitoring, prosesing, dan diseminasi informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami yang semakin cepat dan akurat.

Ia menyebut, BMKG selama ini memberikan edukasi, pelatihan mitigasi, drill, evakuasi, berbasis pemodelan tsunami kepada pemerintah daerah, stakeholder, masyarakat, pelaku usaha pariwisata pantai, industri pantai dan infrastruktur kritis.

“Harapan kita, semoga upaya kita dalam memitigasi bencana gempa bumi dan tsunammi dapat berhasil dengan dapat menekan sekecil mungkin risiko dampak bencana yang mungkin terjadi, bahkan hingga dapat menciptakan zero victim,” pungkas Daryono.

Leave a Reply