Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Friday, September 20, 2024
idtopcareer@gmail.com
Sosok

Rasuna Said, ‘Singa Minangkabau’ Pembela Hak Perempuan

Rasuna Said (Wikimedia Commons)

TopCareer.id – Jika bicara tentang pahlawan nasional yang memperjuangan hak-hak perempuan, Raden Ajeng Kartini tentu jadi yang cukup banyak diingat. Namun selain itu, nama Rasuna Said tak boleh dilupakan.

Diabadikan ke dalam nama jalan di Jakarta, Rasuna Said adalah Pahlawan Nasional yang turut memperjuangkan persamaan hak antara pria dan wanita.

Hajjah Rasuna Said lahir tanggal 14 September 1910 di Nagari Panyinggahan, Maninjau, Sumatera Barat. Ayahnya, Haji Muhammad Said, adalah seorang pengusaha dan aktivis pergerakan di Minangkabau.

Baca Juga: Karier Jenderal Soedirman, Sang Panglima Besar RI

Rasuna bersekolah di Sekolah Desa Maninjau, kemudian di sekolah Diniyah School Padang Panjang, Meisjes School, dan Islamic College.

Saat menempuh pendidikan di Diniyah, Rasuna aktif di Persatuan Murid-Murid Diniyyah School (PMDS), Mengutip esi.kemdikbud.go.id, di situ idealisme mereka berkembang dan giat di bidang sosial pendidikan, serta politik.

Setelah Sekolah Diniyah Putri didirikan 1 November 1923, Rasuna Said menjadi guru di Perguruan Diniyah tersebut.

Rasuna masuk Sekolah Thawalib usai gempa di Padangpanjang tahun 1926. Di situ, dia dikenal sebagai perempuan yang ahli pidato. Ia menyelesaikan pendidikannya dalam waktu dua tahun.

Selanjutnya: Julukan Singa Minangkabau dan ditangkap Belanda

Leave a Reply