Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Thursday, September 19, 2024
idtopcareer@gmail.com
Tren

Kelas Industri Baja Pertama di Indonesia Dibuka Kemenperin

Kementerian Perindustrian

TopCareer.id – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) membuka Kelas Industri Baja yang diklaim pertama di Indonesia, demi mencetak sumber daya manusia (SDM) yang unggul.

Menurut Kemenperin, industri logam dasar menunjukkan pertumbuhan tertinggi pada triwulan I tahun 2024, dengan mencapai 16,57 persen.

Sektor ini menjadi bagian dari kontributor terbesar ketiga terhadap industri pengolahan, dengan kelompok industri barang logam, komputer, barang elektronik, optik dan peralatan listrik. Selain itu, pada kuartal I-2024, ekspor produk baja meningkat 38,3 persen dari 3,81 juta ton menjadi 5,27 juta ton (y-o-y).

Baca Juga: Menperin: Jumlah Tenaga Kerja Industri Naik 18,6% dari Tahun Lalu

“Kementerian Perindustrian bertekad untuk terus berupaya menciptakan iklim usaha yang kondusif melalui pelaksanaan berbagai program dan kebijakan strategis untuk melindungi sekaligus mengembangkan industri baja nasional serta meningkatkan daya saing industrinya,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dalam keterangannya, Senin (12/8/2024).

Demi meningkatkan kinerja industri baja nasional, salah satu program yang digencarkan Kemenperin adalah pendidikan dan pelatihan vokasi, untuk mencetak SDM industri yang kompeten.

Peran ini dijalankan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI), melalui sejumlah unit pendidikan vokasi yang dimiliki, yang terdiri dari SMK, politeknik, dan akademi komunitas, serta Balai Diklat Industri (BDI) yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Selanjutnya: Kelas industri teknologi baja pertama di Indonesia

Leave a Reply