Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Thursday, September 19, 2024
idtopcareer@gmail.com
Tren

WHO Tetapkan Mpox Jadi Darurat Kesehatan Global

Ilustrasi cacar monyet. Dok/DWIlustrasi cacar monyet. Dok/DW

Sementara, meurut Ketua Komite Dimie Ogoina, peningkatan kasus di beberapa Afrika tidak hanya keadaan darurat bagi wilayah itu.

“Peningkatan kasus mpox saat ini di beberapa wilayah Afrika, bersamaan dengan penyebaran jenis baru virus cacar monyet yang dapat menular melalui hubungan seksual, merupakan keadaan darurat, tidak hanya bagi Afrika, tapi juga bagi seluruh dunia. Mpox, yang berasal dari Afrika, diabaikan di sana, dan menyebabkan wabah global pada 2022,” kata Ogoina.

Pada 2022, WHO menyatakan mpox sebagai darurat global setelah menyebar ke lebih dari 70 negara yang sebelumnya tidak melaporkan penyakit ini, dengan sebagian besar menyerang pria gay dan biseksual. Dalam wabah itu, kurang dari 1 persen orang meninggal.

Mengutip Aljazeera, Mpox adalah infeksi virus yang terutama menyerang manusia dan hewan. Virus ini termasuk dalam kelompok virus yang diklasifikasikan sebagai “genus Orthopoxvirus”.

Virus ini biasanya menyebabkan penyakit seperti cacar yang meliputi ruam dengan benjolan atau lepuh yang menonjol pada kulit. Benjolan tersebut sering kali berisi cairan atau nanah yang dapat mengeras dan sembuh.

Mpox mirip dengan cacar yang sekarang sudah diberantas, serta virus cacar lainnya seperti cacar sapi dan vaksinia.

Selanjutnya: Penularan mpox

Leave a Reply