Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Thursday, September 19, 2024
idtopcareer@gmail.com
Tren

WHO Tetapkan Mpox Jadi Darurat Kesehatan Global

Ilustrasi cacar monyet. Dok/DWIlustrasi cacar monyet. Dok/DW

Virus mpox ditularkan ke manusia melalui kontak dekat dengan hewan atau orang yang terinfeksi. Penularan dari hewan ke manusia biasanya terjadi melalui gigitan, cakaran, atau kontak langsung dengan darah, cairan tubuh, atau luka dari hewan yang terinfeksi.

Penularan dari manusia ke manusia dapat terjadi melalui kontak langsung dengan lesi kulit, cairan tubuh, atau droplet dari orang terinfeksi, kontak langsung berkepanjangan dengan orang yang terinfeksi, menyentuh benda terkontaminasi, atau virus masuk ke tubuh melalui kulit yang terluka, saluran pernapasan, atau selaput lendir termasuk mata, hidung, dan mulut.

Kasus-kasus ringan biasanya akan sembuh sendiri. Namun untuk saat ini, belum ada pengobatan atau vaksin yang diakui secara khusus untuk cacar moneyt.

Obat antivirus tecovirimat (TPOXX) yang awalnya digunakan untuk cacar, sedang dipelajari untuk mengobati mpox.

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat juga telah menyetujui JYNNEOS (juga dikenal sebagai Imvamune atau Imvanex), vaksin cacar untuk kasus mpox parah pada orang berusia 18 tahun ke atas. CDC AS juga telah merekomendasikan vaksinasi dan isolasi pada mereka yang terpapar dengan orang terinfeksi mpox.

Leave a Reply