Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Tuesday, September 17, 2024
idtopcareer@gmail.com
SosokVIDEO

Dari Paskibraka, Elsa Ungkap Ilmu yang Dibawa hingga Dunia Kerja

Elsa Ramadhanti, seorang HR yang pernah menjadi Paskibraka Nasional di 2017. (YouTube TopCareer TV)

TopCareer.id – Elsa Ramadhanti, yang kini berprofesi sebagai HR di sebuah perusahaan farmasi, menceritakan pengalamannya sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka atau Paskibraka Nasional di 2017 silam.

Aktif mengikuti lomba Paskibra sejak SMP, Elsa harus memilih antara basket dan paskibra di SMA, hingga pilihannya pun jatuh menjadi Pasukan Pengibar Bendera.

Melewati proses seleksi yang ketat, Elsa akhirnya terpilih sebagai Paskibraka Nasional kala itu, membawanya untuk ikut pelatihan di Cibubur, Jakarta Timur.

Rasa bangga pun selalu diungkapkan oleh Elsa kepada TopCareer.id, saat dirinya menceritakan pengalamannya sebagai Paskibraka yang bertugas di Istana Negara.

Pengalaman ini pun mengajarkannya tentang pentingnya persiapan mental dan fisik, serta kerjasama tim.

Baca Juga: Husein Mutahar, Bapak Paskibraka & Penyelamat Bendera Pusaka

Melanjutkan kariernya sebagai HR di sebuah perusahaan farmasi. Ia merasa pengalamannya sebagai Paskibraka juga membantunya dalam mengembangkan keterampilan komunikasi hingga soal etika.

“Cara kita komunikasi, karena walaupun di paskib kita harus tegas, tapi seenggaknya itu bisa membuat kita percaya diri saat bekerja. Entah kita bicara dengan atasan atau pun dengan kolega,” katanya.

Selain itu, ia juga belajar tentang pentingnya disiplin, termasuk soal waktu kerja. “Di paskib kita etika, sikap, itu sangat diperhatikan, akhirnya saya di dunia kerja juga saya bawa,” imbuhnya.

Elsa memberikan pesan kepada mereka yang ingin jadi Paskibraka agar memiliki motivasi dan visi yang jelas, siap mengorbankan waktunya, fokus pada tujuan, tidak mudah menyerah, dan mendengarkan pelatih.

“Perhatikan diri kalian dengan ‘saya sudah tekad menjadi seorang Paskibraka’ jadi saya harus fokus, saya harus berani, saya tidak manja,” pungkasnya.

Simak video lengkapnya berikut ini:

Leave a Reply