Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Tuesday, September 17, 2024
idtopcareer@gmail.com
Tren

Kominfo-Google Cloud Luncurkan GCC Launchpad Buat Sertifikasi Mahasiswa

Wamenkominfo Nezar Patria. (Dok. Biro Humas Kominfo)

TopCareer.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggandeng Google Cloud untuk memberikan pelatihan dan sertifikasi keterampilan berbasis cloud, bagi mahasiswa.

Program ini bernama Google Cloud Career (GCC) Launchpad. Mahasiswa dari 21 perguruan tinggi di Indonesia pun bisa menjadi tenaga tingkat pemula yang ahli, dalam keterampilan AI generatif, analisis data, keamanan siber, dan teknik cloud.

Wamenkominfo Nezar Patria mengatakan, inisiatif ini memungkinkan mahasiswa di institusi pendidikan tinggi memperoleh kredensial keterampilan Google Cloud yang diakui secara nasional tanpa biaya, membuka pintu bagi pekerjaan di bidang AI, analisis data, keamanan siber, dan cloud engineering.

Menurut Nezar, talenta digital terutama tenaga kerja cloud yang terampil, dibutuhkan untuk mempercepat transformasi digital nasional.

Baca Juga: Kominfo: RI Masih Butuh 2,7 Juta Talenta Digital

“Pembelajaran cloud ini akan membekali mahasiswa yang baru memasuki industri dengan keterampilan cloud praktis dan sesuai kebutuhan industri dan pasar kerja berbasis teknologi saat ini,” kata Nezar di Jakarta, Kamis (15/8/2024).

“Sebagai permulaan, inisiatif ini bertujuan untuk memberikan manfaat kepada 8.500 mahasiswa selama 12 bulan ke depan, dengan rencana perluasan untuk menjangkau lebih banyak mahasiswa baik di wilayah metropolitan maupun non-metropolitan,” imbuhnya.

Google Cloud Career Launchpad menawarkan peluang bagi mahasiswa mendapatkan Sertifikat Google Cloud dan badge keterampilan yang diakui industri secara gratis.

Ada enam sertifikat dan badge yang disiapkan yaitu Cloud Computing Foundations, Cloud Engineering, Cloud Data Analytics, Cloud Cybersecurity, Badge Cloud Digital Leader Skills dan Badge Generative AI (Gen AI) skills.

Selanjutnya: Buka peluang kerja mahasiswa

Leave a Reply