TopCareerID

Pendaftaran CPNS 2024 Buka Hari Ini Jam 17.08.45 WIB

Seleksi CPNS 2024 buka 20 Agustus 2024 (sscasn.bkn.go.id)

TopCareer.id – Badan Kepegawaian Negara (BKN) resmi mengumumkan pembukaan pendaftaran CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil), yang akan dimulai hari ini, Selasa (20/8/2024), pukul 17.08.45 WIB.

Proses pendaftaran akan dilakukan melalui portal SSCASN BKN mulai tanggal 20 Agustus 2024 sampai dengan 06 September 2024.

Informasi ketersediaan formasi dan keterangan jabatan yang dibuka, termasuk detail job-desk, serta kisaran penghasilan, akan tersedia di portal SSCASN pada kolom Menu Pencarian Informasi. Selain itu, daftar lowongan kuota formasi per-instansi pemerintah (Kementerian/Lembaga/Daerah), akan diumumkan oleh masing-masing instansi secara bertahap, dan dapat dicek di menu pencarian informasi secara berkala.

“Jadi selain mengecek lowongan formasi melalui kanal penerimaan CPNS Tahun 2024 di masing-masing instansi, pelamar juga dapat melihat keterangan formasi jabatan yang akan dilamar pada menu pencarian informasi tentang detail formasi di portal SSCASN BKN,” tulis BKN dalam siaran persnya.

Baca Juga: Pendaftaran CPNS 2024: Link SSCASN, Syarat Umum, dan Dokumen

Terdapat 250.407 formasi CPNS tahun 2024 untuk 69 instansi pusat dan 478 instansi daerah, yang disediakan pemerintah melalui Panitia Seleksi Nasional.

Plt. Kepala BKN Haryomo Dwi Purtanto menyebut, seluruh proses rekrutmen CPNS akan melibatkan sejumlah instansi yang tergabung di Panselnas mulai dari aspek kesiapan dukungan infrastruktur seperti akses penyediaan jaringan komunikasi data penyelenggaraan dengan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Teknologi (BAKTI) Kominfo, monitoring keamanan teknologi informasi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), monitoring teknologi infrastruktur dengan Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN), serta penyediaan elektronik materai bersama dengan Percetakan Uang Republik Indonesia (PERURI).

BKN juga melakukan interoperabilitas data calon pelamar dengan data kependudukan yang dikelola Dukcapil Kemendagri, yang bertanggung jawab atas data kependudukan. Tujuannya adalah agar data pelamar melalui portal SSCASN dapat terverifikasi secara sistem, sesuai data kependudukan yang tercatat di Dukcapil Kemendagri.

Baca Juga: Resmi, Ini Jadwal Seleksi CPNS 2024

BKN pun meminta agar sebelum mendaftar, para pelamar CPNS 2024 membaca detail persyaratan dan kualifikasi jabatan, sesuai pengumuman lowongan formasi yang disampaikan instansi di kanal informasinya. Pelamar juga diimbau membaca Buku Petunjuk Pendaftaran di Portal SSCASN sebelum mulai membuat akun dan mendaftar.

Setelah melakukan pendaftaran hingga submit seluruh dokumen yang sesuai dengan persyaratan administrasi instansi, pelamar CPNS diminta agar segera mengakhiri pendaftaran tanpa perlu menunggu periode pendaftaran berakhir, untuk menghindari jika terjadi kendala menjelang tanggal penutupan pendaftaran.

Exit mobile version