Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Tuesday, September 17, 2024
idtopcareer@gmail.com
Info Beasiswa

INPEX Buka Beasiswa S2 ke Jepang, Cek Syarat & Cara Daftar

Ilustrasi Jepang (Freepik.com)

TopCareer.id – Jepang jadi salah satu tujuan dari banyak mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan pendidikannya, termasuk S2, dengan beasiswa jadi salah satu jalurnya.

Salah satu beasiswa yang ditawarkan untuk menempuh pendidikan di Jepang berasal dari lembaga nirlaba khusus penyedia beasiswa INPEX.

INPEX bekerja sama dengan pemerintah negeri sakura, untuk membuka kesempatan buat mahasiswa Indonesia, Australia, dan Uni Emirat Arab melanjutkan pendidikan S2 di berbagai kampus terbaik.

Baca Juga: Cek, Beasiswa Ini Buat Perempuan di Bidang Kesehatan

Dilansir Indonesia.go.id, ditulis Senin (26/8/2024), pemberian beasiswa INPEX Scholarship Foundation sudah dilakukan sejak 1981 lalu.

Adapun, sejumlah fasilitas yang ditawarkan kepada awardee antara lain uang saku setiap bulan selama menempuh masa pendidikan, biaya transportasi dan tunjangan-tunjangan lainnya.

Khusus untuk S2, masa pendidikan yang ditanggung melalui beasiswa ini adalah selama 2 tahun 8 bulan dan setiap pendaftar tidak perlu melengkapi lamarannya dengan menulis esai.

Baca Juga: Tanoto Foundation Buka Beasiswa Teladan 2025

Penerima akan mendapatkan uang kuliah gratis, dan biaya hidup bulanan sebesar 160.000 yen atau sekitar Rp 16,9 juta per bulan meliputi akses internet, penyediaan buku, biaya penginapan, biaya kesehatan, dan transportasi ke kampus.

Ada juga asuransi kecelakaan, tunjangan kedatangan senilai 60.000 yen (Rp 6 juta) dan tiket pesawat pergi-pulang Jakarta-Tokyo. Pihak penyedia beasiswa juga menyiapkan biaya tiket komuter yang diberikan terpisah dari dana beasiswa.

Syarat Daftar Beasiswa S2 Jepang INPEX

Berikut ini beberapa syarat apabila kamu berminat mendaftar beasiswa S2 ke Jepang INPEX Scholarship Foundation:

  • WNI yang telah menyelesaikan jenjang pendidikan sarjana pada salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia untuk bidang studi Pengetahuan Alam seperti Pertanian, Kimia, Biologi, Fisika, Teknik, Farmasi, Ilmu Komputer, dan lain sebagainya.
  • Berusia kurang dari 30 tahun saat mendaftarkan diri.
  • Indeks Prestasi Kumulatif minimal 3,00.
  • Memiliki tujuan belajar serta meneliti program Pengetahuan Alam (Natural Science) pada program S2 di universitas Jepang, serta diizinkan atau bakal diterima masuk universitas.
  • Mendapat izin dari atasan tempat bekerja, baik di institusi pemerintahan dan swasta, untuk ikut beasiswa.
  • Memiliki kepedulian dan siap berkonstribusi aktif dalam membina hubungan Indonesia dengan Jepang.
  • Belum pernah menerima beasiswa sejenis di Jepang.

Sementara, untuk dokumen yang dibutuhkan terdiri dari:

  • Formulir pendaftaran yang formatnya bisa diunduh dari website INPEX, diisi lengkap dan ditandatangani.
  • Pasfoto 5×3,5 yang dibuat maksimal 6 bulan terakhir di kolom di formulir pendaftaran.
  • Salinan ijazah dan transkrip nilai akademik
  • Surat rekomendasi dari atasan tempat bekerja
  • Riwayat hidup dan data pribadi
  • Surat keterangan sehat dari dokter
  • Salinan sertifikat TOEFL iBT/ITP/IELTS atau TOEIC (diperoleh setelah Oktober 2022)
  • Salinan sertifikat bahasa Jepang jika ada
  • Seluruh dokumen harus dalam bahasa Inggris atau menyertakan terjemahan resminya

Dokumen lengkap dan formulir pendaftaran yang sudah diisi bisa dikirimkan lewat pos ke alamat INPEX di Sentral Senayan 1 Building 13th Floor, Jl. Asia Afrika nomor 8, Jakarta Pusat 10270.

Tuliskan Application for Scholarship pada salah satu sudut atas amplop. Selain itu, seluruh dokumen harus sudah diterima INPEX Scholarship Foundation paling lambat 31 Oktober 2024.

Selain melalui jasa pos, dokumen dengan format JPG, PDF, atau GIF juga dapat dikirim melalui surat elektronik dengan alamat isf-foundation@inpex.co.jp.

Seleksi awal wawancara akan dilakukan pada Januari 2025. Keputusan akhir bagi penerima beasiswa dilakukan Maret 2025. Peserta yang mengikuti seleksi harus lolos tahapan seleksi berkas.

Setelah dinyatakan berhak menerima beasiswa, mahasiswa diwajibkan mengajukan lamaran sebagai mahasiswa riset di perguruan tinggi yang diinginkan di Jepang pada April dan Mei 2025.

Penerima beasiswa akan berangkat ke Jepang sekitar September 2025 dan bersiap memulai studi di Oktober 2025. Informasi lebih lengkap tentang beasiswa S2 Jepang ini bisa dicek melalui https://www.inpex-s.com/en/

Leave a Reply