Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Thursday, September 19, 2024
idtopcareer@gmail.com
Lifestyle

Pemilihan Putra Putri Batik Nusantara 2024 Digelar, Bukan Influencer Bisa Daftar

Ilustrasi batik (Dok. Kemenparekraf)

TopCareer.id – Pemilihan Putra Putri Batik Nusantara atau PPBN kembali digelar tahun ini. Ajang ini bertujuan mencari duta atau representatif dalam melanjutkan tongkat estafet sebagai agen, untuk mempromosikan batik sebagai warisan budaya Indonesia.

Ketua Harian Ikatan Pencinta Batik Nusantara (IPBN) sekaligus creative director Pemilihan PPBN 2024 Bayu Adhitama menjelaskan, ajang ini telah memasuki tahapan pendaftaran yang dimulai pada 13 Agustus hingga 15 September 2024 pukul 17.00 WIB.

Dalam konferensi pers Senin pekan lalu, Bayu menjelaskan, dalam ajang ini mereka mencari generasi muda Indonesia berbakat, yang aktif di media sosial yang memiliki kemauan dan kemampuan menjadi menjadi agen promosi dari batik nusantara di media sosial.

Baca Juga: Industri Batik RI Serap 200 Ribu Tenaga Kerja

“Tidak melulu harus influencer, tapi setidaknya dapat merepresentasikan generasi muda yang bebas narkoba, bermoral, dan berkepribadian Indonesia, serta memiliki kapasitas untuk bekerja nyata baik itu di dalam maupun di luar negeri dalam mengenalkan, mempromosikan, dan melestarikan batik melalui program-program dari PPBN yang nantinya bekerja sama dengan berbagai pihak,” ujarnya.

Bayu menambahkan, PPBN juga bisa jadi kesempatan bagi generasi muda untuk mempertajam karakter, maupun kemampuan berorganisasi.

“Juga tentang kepemimpinan dan berkarya untuk batik secara kreatif sehingga bisa menjadi generasi yang muda, gaya, dan berbudaya,” katanya, seperti dikutip dari siaran pers, Senin (26/8/2024).

Baca Juga: Begini Perjuangan Veronica Tan Bangun Komunitas Batik Marunda

Mengutip Indonesia.go.id, malam final Pemilihan PPBN 2024 akan digelar di Balairung Soesilo Soedarman Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) 2024 pada 28 Oktober 2024.

Ketua Dewan Penasehat IPBN Sapta Nirwandar mengungkapkan, ada sejumlah tahapan pemilihan yang mesti dilewati oleh seluruh peserta mulai dari proses audisi pada 28 September 2024, dengan finalis terpilih akan mengikuti karantina di Jakarta pada 21-27 Oktober 2024.

“Malam final kami adakan bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda sebagai penghargaan atas upaya keras para peserta mengikuti Pemilihan Putra Putri Batik Nusantara,” kata Sapta.

Syarat Daftar Pemilihan Putra Putri Batik Nusantara 2024

Adapun, syarat untuk mengikuti ajang Pemilihan Putra Putri Batik Nusantara 2024 adalah:

  • Warga Negara Indonesia
  • Belum Menikah
  • Usia 18-27 tahun (Masih 27 tahun pada malam final PPBN di Oktober 2024)
  • Berpenampilan menarik
  • Berkepribadian Indonesia
  • Memiliki kemampuan berbahasa asing
  • Memiliki bakat seni budaya atau olahraga
  • Memiliki kemampuan berorganisasi
  • Tinggi Badan minimal 172 cm untuk Putra dan 165 cm untuk Putri
  • Wajib memiliki kemampuan berbahasa asing seperti bahasa Ingggris dan yang lainnya.
  • Menyertakan foto dalam tiga versi. Pertama menampilkan seluruh tubuh (full body), hadap samping, dan bagian wajah saja (close-up).
  • Aktif di media sosial meski bukan influencer
  • Wajib membuat cerita pendek (reels) di Instagram mengenai batik dalam pandangan mereka sebagai anak muda

Saat proses seleksi, peserta akan menghadapi tahapan Batik Advocacy Show, di mana mereka wajib mepresentasikan mengenai motif dan misi batik yang menjadi ciri khas dari daerah masing-masing.

Mereka juga wajib menampilkan bakat dan kemampuannya di bidang seni pada tahapan seleksi bernama Batik Preliminary Night. Pemenang pertama ajang ini akan mendapatkan uang tunai Rp 50 juta dan Rp 25 juta bagi runner-up.

Pemenang pertama dan kedua juga berkesempatan mendapatkan beasiswa melanjutkan pendidikan ke jenjang pascasarjana di sebuah perguruan tinggi swasta ternama di Jakarta. Sementara, pemenang ketiga akan menerima hadiah uang tunai sebesar Rp 15 juta.

Panitia juga akan memilih pemenang favorit pada ajang Pemilihan Putra Putri Batik Nusantara 2024 untuk mendapatkan hadiah uang tunai senilai Rp 10 juta. Sesama finalis juga akan saling memilih (voting) di antara mereka siapa yang layak menyandang predikat pemenang persahabatan, dan membawa pulang hadiah sebesar Rp 5 juta.

Untuk yang tertarik mengikuti ajang ini, kamu dapat melakukan pendaftaran melalui bit.ly/daftarppbn2024

Leave a Reply