Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Tuesday, September 17, 2024
idtopcareer@gmail.com
Tren

Kemnaker Kejar Target 100 Ribu Pekerja Migran ke Jepang

Kemnaker RI mempersiapkan strategi untuk mencapai target penempatan 100 ribu pekerja migran Indonesia di Jepang melalui skema Specified Skilled Worker (SSW) dalam lima tahun ke depan. (Dok. Kemnaker)

TopCareer.id – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menyiapkan strategi untuk mengejar target penempatan 100 ribu pekerja migran Indonesia (PMI) di Jepang dalam lima tahun ke depan.

Menurut kementerian, ini merupakan bagian dari upaya mereka memaksimalkan bonus demografi di Indonesia.

“Target kami jelas, yaitu menempatkan 100 ribu pekerja migran di Jepang melalui skema SSW (Specified Skilled Worker),” kata Sekretaris Jenderal Kemnaker Anwar Sanusi.

“Ini bukan hanya tentang jumlah, tapi juga tentang kualitas tenaga kerja yang siap bersaing di pasar global,” ujarnya saat membuka acara Business Meeting Jepang di Tokyo, Rabu (3/9/2024).

Demi mencapai target ini, Kemnaker mengembangkan skema penempatan private to private (P to P), yang memperkuat kerja sama antara perusahaan penempatan pekerja migran Indonesia, dengan penerima di Jepang.

Baca Juga: Wapres Ungkap 3 Strategi Reformasi Pasar Tenaga Kerja

Strategi lainnya adalah dengan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM), melalui Balai Latihan Kerja (BLK) dan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK), yang juga menjadi prioritas.

“Kami juga memperluas jaringan kerja sama dengan pemerintah daerah di Jepang, seperti Prefektur Miyagi, dan berharap ini dapat diterapkan di prefektur lainnya,” kata Anwar, seperti dikutip dari keterangan tertulis.

Kemnaker juga mendirikan Pusat Pasar Kerja untuk mengoordinasikan permintaan dan penawaran tenaga kerja. “Ini adalah bagian dari visi kita menuju Indonesia Emas 2045, dengan SDM yang berdaya saing dan produktif,” pungkas Anwar.

Leave a Reply