Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Thursday, September 19, 2024
idtopcareer@gmail.com
Lifestyle

Awas Penipuan Berkedok Pemesanan iPhone 16

TopCareer.id – Apple baru saja meluncurkan seri iPhone 16. Meski begitu, pengguna internet wajib mewaspadai penipuan online yang memanfaatkan momen ini dengan target mereka yang tak sabar ingin punya HP baru itu.

Menjelang acara peluncuran iPhone 16 pada 9 September 2024 lalu, para peneliti di Kaspersky menemukan sejumlah aktivitas penipuan seputar perilisan tersebut.

“Seperti kebanyakan rilis teknologi baru, peluncuran iPhone 16 telah menghasilkan antusiasme besar,” kata Olga Svistunova, pakar keamanan di Kaspersky melalui siaran persnya.

“Penjahat siber dengan cepat memanfaatkan tren ini, jadi pada saat-saat seperti inilah konsumen harus ekstra waspada,” imbuhnya, dikutip Jumat (13/9/2024).

Baca Juga: Awas Ketipu Rekening Palsu, Ini Tips Aman Saat Jual-Beli Online

Salah satu penipuan yang banyak digunakan penjahat siber berkedok pre-order, agar korban memesan gawai baru itu, dengan tawaran diskon hampir 40 persen.

Para korban diarahkan ke sebuah situs yang menampilkan iPhone 16 baru, dengan iming-iming mereka bisa “menjadi salah satu orang pertama yang menikmati teknologi canggih.”

Setelah tautan diklik, korban diminta memberikan informasi penagihan dan pengiriman, dengan opsi untuk membayar melalui PayPal.

Faktur palsu lalu dibuat setelah korban mengklik “Beli”, dengan perhitungan biaya termasuk pajak dan pengiriman. Bahkan, mereka menawarkan “pengiriman gratis” untuk pesanan di atas USD 1000.

Baca Juga: 5 Tanda Lowongan Kerja Abal-Abal

Setelah korban membayar, bukan iPhone 16 baru yang akan diperoleh, malah uang yang lenyap dari akun mereka. Lebih mengkhawatirkan, penipu kini juga sudah mengambil informasi pribadi yang dapat dijual di dark web sewaktu-waktu.

“Saat melakukan pembelian baru, tetaplah menggunakan saluran resmi, bersikap skeptis terhadap penawaran yang tampaknya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, dan selalu verifikasi URL sebelum membagikan informasi pribadi apa pun,” kata Olga.

“Penipu mengandalkan penggemar yang sangat antusias dan menjadi lengah, jadi kewaspadaan adalah kuncinya,” pungkasnya.

Selanjutnya: Tips biar tak gampang tertipu iPhone 16 palsu

Leave a Reply