TopCareerID

Menpan RB Pastikan Keluarga ASN di IKN Tak Berbagi Hunian

Menpan RB Azwar Anas (kanan) meninjau kesiapan hunian ASN. (Kemenpan RB)

TopCareer.id – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas memastikan satu keluarga Aparatur Sipil Negara (ASN) di Ibu Kota Nusantara (IKN), akan mendapat satu unit hunian.

Hal ini diungkap Anas saat meninjau kamar tinggal di salah satu tower hunian untuk ASN, di Kawasan IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Jumat pekan lalu.

Peninjauan dilaksanakan usai menghadiri Sidang Kabinet Paripurna (SKP) yang dipimpin Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin, serta para menteri dan kepala lembaga dari Kabinet Indonesia Maju.

Baca Juga: Menpan RB Ungkap 3 Cara Pindahkan ASN ke IKN

Anas mengklaim, hunian ASN ini akan sangat nyaman untuk ditinggali. Fasilitas tempat tinggal ini pun diharapkan dapat mendukung kinerja mereka yang bakal bertugas di IKN.

“Hunian bagi ASN tempatnya sangat nyaman menurut saya untuk ASN dan sudah diputuskan Presiden satu keluarga satu unit tidak lagi sharing,” kata Anas, seperti dikutip dari keterangan tertulisnya, Selasa (17/9/2024).

Setiap unit hunian ASN di IKN memiliki 1 kamar mandi dan 3 kamar, di mana 1 kamar utama dilengkapi dengan kamar mandi. Terdapat juga ruang tamu, ruang makan, dapur dan ruang cuci piring.

Hunian juga menerapkan smart home system, dimana ASN cukup melakukan scan barcode untuk masuk ke kamar.

Baca Juga: Awas, Ada Hoaks Lowongan Kerja Otorita IKN

Anas juga menyebut, hunian ASN ini akan dekat dengan sumbu kebangsaan IKN, yang bisa digunakan untuk berolahraga atau jalan kaki menuju perkantoran.

“Sekarang sudah ada 560 unit yang sudah siap, dan Presiden berharap ini sistemnya terintegrasi dengan sistem digital dan kualitasnya juga baik untuk ASN,” pungkasnya.

Menurut Kementerian PUPR, sebanyak 47 tower hunian ASN ditargetkan berdiri di IKN, dengan sekitar 2.820 unit hunian.

Dari 47 Tower tersebut, jumlah tower yang akan ditempati untuk Pegawai ASN pada tahap awal adalah 29 Tower atau sekitar 1.740 Unit Hunian. Selebihnya akan ditempati prajurit TNI dan anggota Polri.

Exit mobile version