TopCareerID

Tips Public Speaking Buat Introvert

Ilustrasi public speaking: merryriana.com

TopCareer.id – Berbicara di depan umum atau public speaking bisa jadi hal yang menakutkan bagi seorang berkepribadian introvert dan tak terlatih.

Menurut penulis buku Amerika Susan Cain, aktivitas ini bisa terasa sangat melelahkan dan menguras emosi, ketika harus mengekspresikan kepribadian yang bukan Anda.

Namun, kepada CNBC Make It beberapa tahun lalu, Cain pernah mengatakan bahwa seseseorang yang introvert tetap bisa merasa nyaman berbicara di depan umum, jika terus dilatih.

Cain, yang mengatakan bahwa dirinya adalah seorang introvert, mengatakan mereka yang memiliki kepribadian semacam ini sering terbebani emosi, apalagi ketika berada di dunia yang lebih ramah bagi kaum ekstrovert.

Baca Juga: 6 Kekuatan Para Introvert yang Bisa Bikin Karier Mereka Naik

Meski begitu, orang introvert harus bisa keluar dari zona nyaman dan bertindak di luar karakternya, khususnya saat mereka jika harus mengambil peran sebagai pemimpin.

Cain mencontohkan, meskipun dia sekarang dapat memberikan puluhan pidato setiap tahun, ia takut berbicara di depan umum untuk waktu yang lama.

Ia akhirnya merasa nyaman dengan semua mata yang tertuju padanya, dengan melatihnya dari waktu ke waktu.

“Kunci bagi seorang pemimpin adalah berlatih dalam dosis yang sangat kecil,” kata Cain, seperti mengutip CNBC Make It, Rabu (25/9/2024). “Berlatihlah berulang-ulang dalam kelompok kecil yang mendukung,” ujarnya.

Baca Juga: Begini Cara Latihan Bicara di Depan Umum

Dilansir Duarte, Cain juga memberikan beberapa enam tips untuk public speaking bagi seorang introvert, yang mungkin dapat berguna buatmu.

Anda tidak harus menjadi orator yang penuh semangat atau dapat membuat audiens tertawa terbahak-bahak. Cain mengatakan bahwa pembicara yang terbaik belum tentu dinamis atau lucu, tapi mereka menarik.

Pembicara yang baik mengomunikasikan informasi yang berharga. Selain itu, keterampilan berbicara di depan umum dapat dipelajari oleh orang-orang yang berlatih.

Menjadi diri sendiri saat berbicara di depan umum itu perlu. Namun, kamu juga tetap harus membangun sebuah persona yang ditampilkan ketika berada di atas panggung.

Orang introvert terkenal sebagai pendengar yang baik, sehingga mereka terbiasa dengan kebutuhan orang lain. Ingat bahwa berbicara di depan umum bukan tentang diri Anda, tapi mengenai audiens.

Tugas Anda adalah memperhatikan audiens, bukan untuk dihakimi oleh mereka atau menghibur mereka. Ingatkan diri Anda bahwa Anda tidak sedang mencari persetujuan, melainkan seorang guru, pemberi, atau pencerah.

Baca Juga: [VIDEO] Enggak Asal Ngomong, Gini Loh Pekerjaan MC Profesional

Pelatih public speaking Charles di Cagno mengatakan, tidak masalah apabila Anda merasa takut atau gugup saat menjadi pusat perhatian.

Jika Anda memiliki rasa takut tampil di depan umum, terimalah perasaan itu dan pelajari cara mengatasinya.

Gina Barnett, yang banyak melatih pembicara-pembicara di TED mengatakan, jika kamu susah menenangkan pikiran sebelum berbicara di depan umum, tenangkanlah badanmu terlebih dulu.

Setelah semua persiapan hingga relaksasi dan afirmasi, tersenyumlah ke audiens saat kamu mulai berbicara di depan umum. Ini akan membantumu merasa lebih rileks, percaya diri, dan terhubung.

Exit mobile version