Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Saturday, October 5, 2024
idtopcareer@gmail.com
Tren

Huawei Nyatakan Sukses Bina 100 Ribu Talenta Digital

Diskusi bertajuk "Menemukan Cakrawala Baru Menuju Talenta Digital Emas Indonesia" yang diselenggarakan Huawei. (Dok. Huawei)

TopCareer.id Huawei mengumumkan sukses mengembangkan 100 ribu talenta digital dalam empat tahun terakhir, setahun lebih cepat dari target mereka. Hal ini diungkap dalam diskusi “Menemukan Cakrawala Baru Menuju Talenta Digital Emas Indonesia” yang diselenggarakan di Jakarta.

Kesuksesan ini membuat Huawei Indonesia kembali menegaskan komitmennya untuk memperluas program pengembangan talenta digital, demi mencapai Indonesia Emas.

Kepala Kantor Staf Presiden Moeldoko pun mengapresiasi kolaborasi erat antar ekosistem dalam pembinaan talenta digital.

“Di era digital saat ini, kita harus merangkul perspektif baru kolaborasi multihelix tentang bagaimana menggunakan kearifan kita dengan lebih baik dalam menggunakan perangkat konvensional dan digital yang ada untuk memecahkan banyak masalah yang dihadapi bangsa kita,” kata Moeldoko.

“Ke depannya, kita berharap memiliki pengelolaan talenta digital nasional yang lebih komprehensif,” imbuhnya, seperti dilansir siaran pers, dikutip Jumat (4/10/2024).

Baca Juga: Talenta Digital Berperan Dorong Pertumbuhan dan Inovasi di ASEAN

Menurut Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Hary Budiarto, sinergi antar seluruh pemangku kepentingan sangatlah penting.

Hary mengatakan, dalam proses digitalisasi atau transformasi digital, ada tiga hal yang harus dilaksanakan.

“Yaitu pembangunan infrastruktur digital seperti jaringan telekomunikasi, akses internet dan lain-lain, pengembangan ekosistem digital melalui pembuatan aplikasi, marketplace, dan lain-lain dan pengembangan talenta digital melalui pelatihan, perbaikan modul pendidikan, hackathon, kompetisi, dan lain-lain,” kata Hary.

Ia menyebut, pemerintah tengah fokus membangun pusat talenta digital di setiap provinsi, agar penyediaan talenta digital merata diseluruh wilayah, serta memanfaatkan peluang ekonomi digital agar pertumbuhan ekonomi Indonesia yang berkelanjutan dan tangguh.

Vice President Huawei Indonesia Kian Chen mengatakan, seiring dengan bangsa yang memasuki era transformatif, mereka berdedikasi untuk memperluas inisiatifnya, serta memberdayakan generasi mendatang dengan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan.

Baca Juga: Huawei Beri 1.000 Guru & Dosen Pelatihan TIK

Chen mengungkapkan, baru-baru ini Huawei baru menyelesaikan program Huawei Seeds for the Future di Tiongkok. Di sini, para peserta berkesempatan memperluas wawasan global dan mendalami teknologi canggih.

Sebelumnya, Huawei juga sudah menggelar beberapa program pengembangan talenta lain seperti Fresh Graduate Development Program dan magang, bagi para mahasiswa serta lulusan baru.

“Kami sangat berharap ke depannya, lebih banyak talenta Indonesia yang dapat mempersiapkan diri menghadapi tantangan,” ujar Chen.

Huawei juga meluncurkan Program Pelatihan 1.000 Guru di Huawei ICT Academy, untuk memperluas kompetensi dan literasi digital para dosen dan guru sekolah kejuruan di Indonesia, serta membagikan wawasan tentang berbagai tren teknologi mutakhir, seperti kecerdasan buatan, cloud, 5G, dan berbagai aplikasinya di industri.

Leave a Reply