Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Saturday, October 5, 2024
idtopcareer@gmail.com
Info Beasiswa

Kemenpora dan LPDP Luncurkan Beasiswa Bidang Keolahragaan

Kemendikbudristek melepas 392 atlet mahasiswa yang berlaga di ASEAN University Games 2024 di Jawa Timur. (Dok. Kemendikbud)

TopCareer.id – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) bersama Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) meluncurkan Program Beasiswa LPDP Bidang Keolahragaan.

Beasiswa ini ditujukan untuk Warga Negara Indonesia yang bergerak di bidang keolahragaan baik konvensional maupun esport, agar dapat melanjutkan pendidikan magister dan doktor di perguruan tinggi dalam maupun luar negeri.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, memperkuat kemampuan, serta keahlian profesional di bidang olahraga.

Selain itu, beasiswa ini mendukung pengembangan ekosistem olahraga di Indonesia dan memberikan apresiasi terhadap prestasi dan dedikasi insan olahraga.

Baca Juga: Menaker: 55 Persen Penduduk Bekerja di Indonesia Lulusan SMP

Dikutip dari Infopublik.id, Program Beasiswa LPDP Bidang Keolahragaan akan mulai efektif pada 2025.

“Sementara ini baru untuk S2 dan S3,” kata Menpora Dito Ariotedjo, mengutip laman resmi Kemenpora.

“Jadi seluruh insan olahraga kini jangan pusing untuk meneruskan kuliahnya. Bisa di luar negeri, bisa di Harvard, jangan pusing memikirkan uangnya,” imbuhnya.

Menpora mengatakan, program beasiswa Kemenpora dan LPDP ini khusus diperuntukan para atlet, mantan atlet, dan tenaga olahraga berdasarkan ketentuan undang-undang.

“Karena ini full support dari beasiswa, jadi ini kami buka kesempatan untuk meraih pendidikan yang sebaik-baiknya,” kata Menpora Dito.

Baca Juga: Pesan Menkeu ke Penerima LPDP: Jangan Jumawa

Tidak ada syarat prestasi minimal untuk pemberian beasiswa ini. Yang penting, semua persyaratan terpenuhi pada atlet, mantan atlet, dan tenaga olahraga, seperti diatur dalam Undang-Undang Nomor 11 tentang Keolahragaan.

“Ini adalah langkah kecil dari kami, tetapi dengan semangat besar untuk masa depan yang lebih baik bagi atlet Indonesia,” kata Dito.

Menurut Direktur Utama LPDP Andin Hadiyanto, dana abadi pendidikan Indonesia sudah seharusnya dimanfaatkan oleh insan-insan terbaik, termasuk di bidang keolahragaan.

“Sudah saatnya SDM olahraga kita maju untuk mendukung prestasi olahraga nasional,” kata Andin.

“LPDP mendukung penuh inisiasi beasiswa bidang keolahragaan ini karena manfaat jangka panjang yang bagus bagi insan olahraga, industri olahraga, prestasi olahraga, dan sport science nasional kita,” pungkasnya.

Leave a Reply