TopCareerID

Menkes Dorong Bali Jadi Destinasi Wisata Medis Internasional

Menkes Budi Gunadi menyatakan, Ngoerah Sun Wellness and Aesthetic Center merupakan bagian dari transformasi Bali, dari pariwisata alam dan budaya menjadi wisata medis. (YouTube Kementerian Kesehatan RI)

TopCareer.id – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mendorong Bali untuk menjadi destinasi wisata medis internasional.

Hal diungkapkan Menkes saat meresmikan Gedung Ngoerah Sun Wellness and Aesthetic Center di RSUP Prof. Dr. I.G.N.G. Ngoerah Denpasar pada Kamis pekan lalu.

Fasilitas ini merupakan pusat pelayanan kebugaran dan kecantikan, hasil kerja sama dengan Sun Healthcare International dari Korea Selatan.

Fasilitas ini menawarkan layanan wellness dan estetika berstandar internasional, dengan empat layanan unggulan: medical check-up, aesthetic dentistry, plastic surgery, dan dermaesthetic.

Baca Juga: Menkes: Ubah Narasi Soal Bunuh Diri Demi Selamatkan Banyak Nyawa

Menurut Budi, Ngoerah Sun Wellness and Aesthetic Center merupakan bagian dari transformasi Bali, dari pariwisata alam dan budaya menjadi wisata medis.

Ia mengatakan, hal ini dapat Pulau Dewata sebagai destinasi bagi orang-orang untuk hidup sehat dan menikmati hidup. “Bali is a destination for people to live, to enjoy life, to heal,” ungkapnya.

Menkes pun juga menekankan pentingnya pengembangan industri wellness di Bali.

“Bali jangan ambil industri kesehatan yang kuratif, tetapi harus industri kesehatan yang sifatnya wellness, kombinasi beauty and aesthetic,” kata Budi, mengutip laman Sehat Negeriku, Selasa (8/10/2024).

Menurut Budi, masyarakat Bali memiliki kemampuan untuk melayani wisatawan di sektor kesehatan, serta adaptif terhadap orang-orang mancanegara.

Sehingga, pusat pelayanan kebugaran dan kecantikan di RSUP Prof. Ngoerah dapat menjadi proyek percontohan untuk layanan kesehatan bertaraf internasional.

Baca Juga: Cara Bijak Konsumsi Antibiotik Buat Cegah Resistensi Antimikroba

Kolaborasi dengan Sun Healthcare International juga diharapkan memperkuat posisi RSUP Ngoerah, sebagai pelopor pariwisata medis di Indonesia sekaligus meningkatkan daya saing Bali di pasar wisata kesehatan Asia-Pasifik.

Ngoerah Sun Wellness and Aesthetic Center memiliki luas bangunan 12.500 meter persegi. Bangunan lima lantai ini memiliki sembilan kamar rawat inap dan tiga ruang operasi.

Fasilitas ini juga dilengkapi alat kesehatan seperti CT Scan dual source, USG 4D, Body Plethysmograph, Audiometry & Ophthalmology devices, Dermatology Laser, hingga in-house digital dental laboratory.

Terdapat juga peralatan canggih seperti 3D craniomaxillofacial x-ray, dental implant, full mouth rehabilitation, dan guided biofilm therapy equipment.

Exit mobile version