TopCareerID

Jokowi Resmikan RS Hermina Nusantara di IKN: Seperti Hotel Bintang 5

Presiden Jokowi meresmikan RS Hermina Nusantara di IKN, Jumat (11/10/2024). (YouTube Sekretariat Presiden)

TopCareer.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Rumah Sakit (RS) Hermina Nusantara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Jumat (11/10/2024). Dalam sambutannya, kepala negara memuji desain dan interior dari rumah sakit tersebut.

“Tadi saya di dalam melihat Rumah Sakit Hermina ini memang memiliki desain, memiliki interior yang beda dari rumah sakit-rumah sakit yang pernah saya lihat, seperti hotel bintang lima,” kata Jokowi.

Jokowi juga mengapresiasi pembangunan fasilitas yang berlangsung dengan cepat, yaitu kurang dari sepuluh bulan. Presiden pun mengungkapkan rumah sakit ini juga telah menerima pasien.

“Praktis dibangun hanya dalam waktu kurang lebih sepuluh bulan dan sekarang bisa operasional, menerima pasien juga sudah siap, karena di dalam tadi sudah ada tiga pasien yang dirawat,” ujarnya, mengutip YouTube Sekretariat Presiden.

Baca Juga: Menpan RB Ungkap Perintah Jokowi: ASN Pindah ke IKN Januari 2025

Menurut mantan Wali Kota Solo ini, keberadaan rumah sakit tersebut akan memberikan keyakinan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), yang akan segera dipindahkan ke IKN.

Ia mengatakan, apartemen untuk ASN di IKN sudah siap, smeentara kantornya akan siap sebentar lagi di November 2024.

“Fasilitas-fasilitas yang biasanya ditanyakan oleh mereka adalah, ‘Pak, kalau anak-anak kami sakit, ada rumah sakitnya?’ Saya sekarang bisa jawab, ada, yaitu Rumah Sakit Hermina Nusantara,” kata Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi juga mengatakan fasilitas lain yang kerap ditanyakan adalah mengenai sekolah untuk anak-anak.

“Nah, ini perlu dipercepat agar fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan itu betul-betul ada di Ibu Kota Nusantara,” kata Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Resmikan Pembangunan Sekolah Asal Australia di IKN

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Medikaloka Hermina Tbk Hasmoro mengatakan RS Hermina Nusantara menjadi rumah sakit dengan bangunan bertaraf internasional pertama bagi mereka.

Bangunannya berdiri di atas lahan seluas 20.700 meter persegi, dengan luas bangunan seluruh master plan 28.210 meter persegi, serta memiliki kapasitas 200 tempat tidur.

“Saat ini telah selesai bangunan lima lantai, yang akan dilanjutkan bertahap hingga menjadi master plan delapan lantai, dan saat ini baru kami buka 50 tempat tidur,” kata Hasmoro.

Ia mengungkapkan, setelah grand opening, mereka akan melanjutkan pembangunan untuk mencapai 100 tempat tidur di awal 2025.

Pembangunan RS Hermina Nusantara di IKN sesuai master plan mencapai total Rp 650 miliar, dan sudah terserap sebesar Rp 500 miliar.

Exit mobile version