TopCareerID

Baznas dan KBRI Rusia Buka Beasiswa Kuliah, Simak Syarat dan Cara Daftarnya

Ilustrasi bendera Rusia. (Gambar oleh IGORN dari Pixabay)

TopCareer.id – Badan Amal Zakat Nasional (Baznas) meluncurkan Beasiswa Cendekia Baznas Rusia 2024.

Dalam peluncurannya pada Kamis pekan lalu, Ketua Baznas RI Noor Achmad menyampaikan, peluncuran beasiswa ini adalah wujud kolaborasi strategis antara mereka dan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Rusia.

Ini juga sekaligus menjadi upaya mendukung terwujudkan Indonesia Emas yang dicita-citakan.

Baca Juga: Kemenpora dan LPDP Luncurkan Beasiswa Bidang Keolahragaan

“Dipilihnya negara Rusia dalam program beasiswa ini karena Rusia memiliki potensi besar sebagai destinasi pendidikan, dengan keunggulan di berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi,” kata Kiai Noor, seperti dikutip dari laman resminya.

“Dengan keterbukaan Rusia terhadap mahasiswa Indonesia, kami berharap program beasiswa ini dapat semakin mempermudah mahasiswa untuk meraih pendidikan berkualitas,” imbuhnya.

Deputi 2 Baznas RI Imdadun Rahmat mengungkapkan, beasiswa ini mencakup pendidikan dari jenjang S1, S2, hingga S3, dengan prioritas utama diberikan kepada alumni pesantren yang mengambil jurusan Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM).

Namun, beasiswa ini juga terbuka untuk mahasiswa non-pesantren dan di luar jurusan STEM.

Baca Juga: Baznas & BRIN Luncurkan Beasiswa Riset Buat Mahasiswa

Dia mengungkapkan, di 2024, mereka mengalokasikan kuota hingga 100 mahasiswa untuk beasiswa ini, serta bisa bertambah sesuai evaluasi dan kebutuhan.

Dikutip dari Instagram @beasiswabaznasri dan @baznasindonesia, pendaftaran sudah dibuka sejak tanggal 11 sampai 18 Oktober 2024.

Fasilitas beasiswa mencakup living cost Rp 1 juta per bulan selama maksimal dua tahun, seragam PDH (Pakaian Dinas Harian), dan mentoring bulanan.

Cara Pendaftaran

Persyaratan

Surat pernyataan

Informasi lebih lanjut bisa dicek melalui https://bazn.as/PanduanBCBRusia2024

Exit mobile version