TopCareerID

Museum Nasional Indonesia Dibuka Lagi, Ini Jam Buka dan Harga Tiketnya

Ilustrasi Museum Nasional Indonesia. (https://www.museumnasional.or.id/)

TopCareer.id – Indonesian Heritage Agency (IHA) mengumumkan Museum Nasional Indonesia (MNI) kembali dibuka untuk publik pada Selasa (15/10/2024).

Sebelumnya, Museum Nasional Indonesia mengalami kebakaran pada bulan September tahun lalu dan dilakukan revitalisasi dan pengembangan ekstensif selama setahun.

Rangkaian kegiatan Pembukaan Kembali MNI diresmikan oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy pada 10 Oktober.

MNI pun kini hadir dengan fasilitas modern, pameran interaktif, dan pengalaman edukatif yang lebih mendalam.

Baca Juga: Taman Safari Indonesia Masuk Destinasi Wisata Terpopuler di RI 2024

Mengutip situs resminya, Kamis (17/8/2024), museum ini akan hadir dengan beragam rangkaian tata pamer dan kuratorial baru, pameran temporer, dan program publik lainnya.

Salah satu kegiatan publik menarik adalah instalasi video mapping didukung oleh Epson Indonesia pada facade Gedung A Museum Nasional Indonesia, yang dapat dinikmati publik hingga akhir Oktober.

“Dalam tiga tahun ke depan, MNI akan mengalami transformasi bertahap, terdapat digitalisasi manajemen koleksi, memperkenalkan cara baru dalam menyajikan dan merayakan keunggulan pemikiran dan kreativitas,” kata PJU MNI Ni Luh Putu Chandra Dewi.

“Transformasi ini mencakup penerapan teknologi digital dalam pameran untuk menciptakan pengalaman yang lebih interaktif, seperti penggunaan augmented reality (AR) dan virtual tours,” imbuhnya.

Baca Juga: Tiket.com Ungkap Upaya Dukung ‘Sustainable Tourism’

Salah satu ruang pamer yang mengadaptasi inovasi teknologi adalah ImersifA. Ruangan ini menggunakan teknologi visualisasi dan audio, untuk menciptakan pengalaman yang menyeluruh dan mendalam, mirip dengan melihat lukisan gua dalam konteks modern.

Pengunjung dapat menjelajahi sejarah budaya Indonesia lintas zaman dalam format yang interaktif, sehingga dapat mengimajinasikan kembali dan mengalami narasi sejarah dengan cara yang baru dan menarik.

Mengutip akun Instagram resmi @museumnasionalindonesia, pengelola juga telah mengungkapkan harga tiket masuk, jam operasional, dan kuota pengunjung per hari.

Harga Tiket Museum Nasional Indonesia

Untuk anak di bawah usia 3 tahun tidak dikenakan tiket. Adapun pembelian dapat dilakukan di lokasi atau melalui situs Traveloka.com.

Jam Operasional

Libur setiap hari Senin dan Hari Libur Nasional

Kuota Pengunjung per Hari

Exit mobile version