TopCareerID

Profil Yassierli, Menaker Kabinet Merah Putih di Era Presiden Prabowo

Yassierli ditunjuk Prabowo Subianto sebagai Menaker di Kabinet Merah Putih. (YouTube Sekretariat Presiden)

TopCareer.id – Yassierli resmi menjabat sebagai Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) di Kabinet Merah Putih di bawah kepemimpinan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka.

Pengumumannya sebagai Menaker diumumkan langsung oleh Prabowo di Istana Kepresidenan, Jakarta pada Minggu (20/10/2024) malam.

Yassierli adalah Guru Besar Fakultas Teknologi Industri (FTI), Institut Teknologi Bandung (ITB). Ia juga tergabung dalam kelompok keahlian (KK) ergonomi, rekayasa kerja, dan keselamatan kerja.

Dirangkum dari berbagai sumber, dia lahir di Padang, Sumatera Barat pada 22 April 1976 dan lulus dari SMA Negeri 1 Padang.

Mengutip laman resmi itb.ac.id, Yassierli memiliki latar belakang pendidikan S1 ITB dan lulus tahun 1997. Kemudian, gelar S2 didapatkannya dari kampus yang sama, dengan program studi yang diambil adalah Teknik dan Manajemen Industri.

Baca Juga: Prabowo Umumkan Menteri Kabinet Merah Putih, Ini Daftarnya

Pendidikan doktoralnya kemudian diambil dan diselesaikan di Virginia Polytechnic Institute and State University, Virginia, Amerika Serikat, untuk bidang Industrial and Systems Engineering pada 2005.

Dia mengawali kariernya sebagai staf pengajar dan peneliti FTI ITB sejak 1998. Di 2006, Yassierli juga pernah menjadi Adjunct Faculty, Industrial, and Systems Engineering, Virginia Tech, AS.

Dia juga pernah menjabat sebagai Kepala UPT Pengembangan Manusia & Organisasi (PMO) ITB (2015-2017). Yassierli juga menjabat sebagai Senat Akademik ITB dan Komite Manajemen Risiko MWA ITB 2024.

Yassierli juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pakar Perhimpunan Ergonomi Indonesia (PEI), dan pernah menjadi Ketua PEI di 2015-2021.

Immanuel Ebenezer Ditunjuk Jadi Wamenaker

Immanuel Ebenezer menjadi Wamenaker di Kabinet Merah Putih (YouTube Sekretariat Presiden)

Mendampingi Yassierli, Prabowo juga menunjuk Immanuel Ebenezer Gerungan sebagai Wakil Menaker di Kabinet Merah Putih.

Immanuel Ebenezer atau biasa dipanggil Noel, sebelumnya adalah politikus Partai Gerindra. Ia lahir di Riau pada 22 Juli 1975. Di 2004, Noel mendapatkan gelar Sarjana bidang sosial di Universitas Satya Negara Indonesia, Jakarta pada 2004.

Noel merupakan salah satu pendukung pasangan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin dalam Pilpres 2019. Dia juga pernah menjadi Ketua Umum Relawan Jokowi Mania (JoMan).

Noel pernah menjabat sebagai Komisaris Utama PT Mega Eltra, anak perusahaan PT Pupuk Indonesia, dari Juni 2021 sampai Maret 2022 usai dicopot dari posisi itu.

Di Pilpres 2024, Noel sempat menyatakan mendukung Ganjar Pranowo. Namun, ia kemudian memutuskan memberikan dukungannya ke Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Exit mobile version