Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Tuesday, October 22, 2024
idtopcareer@gmail.com
Tren

Masuk THE WUR 2025, UI Peringkat 801-1000 Dunia

Ilustrasi kampus Universitas Indonesia (UI). (ui.ac.id)

TopCareer.id – Universitas Indonesia (UI) berhasil menempati peringkat Times Higher Education (THE) World University Rankings (WUR) atau THE WUR 2025.

Perguruan Tinggi Negeri ini masih mempertahankan posisinya sebagai satu-satunya universitas di Tanah Air, yang menembus posisi 801 sampai 1000 di rangking tersebut.

Pemeringkatan THE WUR 2025 menggunakan metodologi baru yaitu WUR 3.0, yang melihat lima bidang utama untuk mengukur performa universitas.

Lima bidang ini adalah: pengajaran, lingkungan penelitian, kualitas penelitian, keterlibatan industri, dan pandangan internasional.

Masing-masing bidang tersebut dinilai berdasarkan 18 indikator yang mencerminkan reputasi, produktivitas, dan dampak dari institusi yang bersangkutan.

Baca Juga: 13 Peneliti UI Catatkan Nama di Top 2% Scientist Worldwide 2024 Stanford

Mengutip laman resminya, Selasa (22/10/2024), UI mendapatkan penilaian 29,5 persen di bidang pengajaran, yang diukur dari berbagai faktor seperti reputasi pengajar, rasio staf terhadap mahasiswa, serta pendapatan institusional.

Lingkungan penelitian memberikan nilai 29 persen, sementara kualitas penelitian membawa bobot terbesar 30 persen, yang dinilai dari kekuatan serta pengaruh penelitian yang dilakukan.

Sementara, di bidang keterlibatan industri dan pandangan internasional, masing-masing mendapat bobot 4 persen dan 7,5 persen.

Selain itu, peningkatan UI di THE WUR 2025 juga terlihat pada peringkat di tiga bidang utama.

Di bidang pengajaran, peringkat UI naik dari 198 menjadi 194, keterlibatan industri naik dari 773 ke 712, dan untuk pandangan internasional naik ke 527 dari 576.

Rektor UI Ari Kuncoro mengatakan, kenaikan skor dan peringkat universitas di lima bidang utama kriteria penilaian THE WUR 2025, jadi bukti keseriusan kampus untuk menjadi flag carrier pendidikan Indonesia di kancah internasional.

Baca Juga: Usai Kasus PPDS, Kemendikbud Siapkan Aturan Baru Cegah Bullying di Kampus

“Jika kenaikan ini dilakukan secara konsisten, UI optimis dapat menghasilkan lulusan yang unggul dan berdaya saing global,” kata Ari dalam keterangan tertulisnya.

Ari berharap pencapaian ini bisa jadi motivasi bagi seluruh sivitas akademika UI, untuk terus berinovasi dan memperkuat posisi mereka di tingkat dunia.

“UI berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan, riset, dan pengabdian kepada masyarakat, sehingga bisa bersaing di panggung internasional serta memberikan kontribusi positif bagi bangsa,” kata Ari.

Menurut Plh. Sekretaris Universitas UI, Vishnu Juwono, pencapaian di THE WUR 2025 merupakan momen yang istimewa, karena Universitas Indonesia meraih nomor satu di Indonesia selama lima tahun berturut-turut.

Leave a Reply