TopCareer.id – Ingram Micro Indonesia meluncurkan platform digital berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) untuk mendukung transformasi distribusi TI (teknologi informasi) pada bisnis.
Platform bernama Ingram Micro Xvantage ini mengintegrasikan teknologi mutakhir untuk mengatasi kompleksitas operasional, merampingkan fungsi bisnis, dan memberdayakan bisnis di Indonesia, agar dapat berkembang secara efisien di pasar yang makin kompetitif.
Mulia Dewi Karnadi, Presiden Direktur Ingram Micro Indonesia mengatakan, ada banyak perusahaan yang dulu berjaya sekarang tidak ada lagi, karena gagal merangkul teknologi, serta pihak-pihak dan mindset yang tepat.
“Sehingga kesempatan yang tadi ada, mereka tidak bisa memanfaatkannya,” kata Dewi dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (11/12/2024).
Baca Juga: Prediksi Tren Keamanan Siber 2025: AI Bakal Jadi Perhatian
Selain itu, ekosistem bisnis saat ini juga telah berevolusi dengan orientasi yang menekankan pada kolaborasi, di mana salah satu bentuknya adalah adanya platform digital.
Karena itu, Ingram Micro Xvantage bertujuan untuk menyediakaan tools bagi para mitra mereka, untuk menyederhanakan proses, meningkatkan pengambilan keputusan, dan membuka potensi pertumbuhan bisnisnya.
Dewi mengatakan, dengan Xvantage, bisnis dapat menavigasi perubahan pasar dengan cekatan dan tepat, memperkuat keunggulan kompetitif mereka di era digital.
Xvantage sendiri memberdayakan distribusi TI dengan menangani empat fungsi penting: penjualan, keuangan, logistik, dan pemasaran.
Baca Juga: 10 Persen Profesional Saat Ini Punya Jabatan yang Tak Ada di Tahun 2000
Untuk tim penjualan, Xvantage mempercepat penutupan transaksi dengan penawaran instan, memanfaatkan potensi penjualan yang diolah oleh AI, dan katalog terpadu untuk menyediakan paket solusi tanpa batas.
Sementara, tim keuangan mendapatkan manfaat dari fitur penerbitan faktur otomatis, dasbor real-time guna pengambilan keputusan yang tepat, dan opsi pembiayaan fleksibel yang mengoptimalkan arus kas.
Xvantage juga menciptakan visibilitas yang lebih baik bagi operasional logistik melalui pelacakan pesanan secara real-time dan manajemen inventaris yang disederhanakan, memastikan kontrol rantai pasokan yang efisien dan pengiriman yang cepat.
Sementara tim pemasaran bisa memanfaatkan perangkat kampanye digital, wawasan pelanggan berbasis AI, dan kesempatan menyusun pedoman produk untuk meluncurkan kampanye yang tepat sasaran dan berdampak.
Xvantage mendorong interaksi bisnis dengan pelanggan dan menyederhanakan komunikasi solusi yang dibutuhkan pelanggan.
Selanjutnya: Dirancang untuk merampingkan operasi