Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Wednesday, December 18, 2024
idtopcareer@gmail.com
Tren

Gaet 3 Platform, ALTO Perkuat Transformasi Digital Pembayaran

ALTO Bermitra dengan MotionPay, E2Pay, dan Bank Jago. (ALTO)

TopCareer.id – Penyelenggara infrastruktur sistem pembayaran (PIP) ALTO Network, resmi bermitra dengan MotionPay, E2Pay, dan Bank Jago.

Kemitraan ini fokus pada pengembangan layanan QRIS Merchant Presented Mode (MPM), solusi pembayaran bagi UMKM, dan sistem pengelolaan kartu (Card Management System).

Langkah ini sejalan dengan Visi Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025 (BSPI 2025), yang diinisiasi oleh Bank Indonesia (BI).

Gretel Griselda, CEO ALTO Network mengatakan, kolaborasi ini merupakan bukti dari komitmen mereka dalam membangun ekosistem pembayaran digital, yang inklusif dan berkelanjutan.

“Inovasi menjadi kunci utama dalam menghadirkan solusi yang berdampak luas, baik untuk pelajar, pelaku UMKM, maupun konsumen e-commerce,” kata Gretel, dikutip dari siaran pers.

“Kami ingin memastikan setiap transaksi digital memberikan kemudahan, efisiensi, dan keamanan bagi seluruh masyarakat Indonesia,” imbuhnya, ditulis Selasa (17/12/2024).

Baca Juga: Pembayaran Melalui Dompet Digital di Indonesia Naik Hingga 92%

Dalam kemitraan dengan MotionPay, ALTO menghadirkan layanan QRIS Merchant Presented Mode (MPM) sebagai Acquirer.

Layanan ini memungkinkan merchant menerima pembayaran QRIS dari berbagai aplikasi dengan tambahan fitur seperti virtual account, disbursement, dan cardless withdrawal.

Fitur-fitur ini dirancang untuk memberikan pengalaman transaksi yang praktis, aman, dan terintegrasi bagi pengguna MotionPay.

Sementara, kemitraan dengan E2Pay menargetkan pelaku UMKM, dengan memperluas akses pembayaran QRIS.

Tujuannya adalah membantu UMKM menjangkau pasar yang lebih luas, meningkatkan volume transaksi, dan memperkuat daya saing di tengah pertumbuhan ekonomi digital yang pesat.

Kemudian, kolaborasi dengan Bank Jago fokus pada solusi Card Management System (CMS). Solusi ini didukung oleh jaringan internasional seperti Visa, Mastercard, dan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN).

Tujuannya adalah memastikan kenyamanan dan keamanan optimal bagi pengguna kartu, sekaligus memperkuat infrastruktur pembayaran digital nasional.

Baca Juga: Alasan Kuasai Data Penting Buat Jualan Online

“Transformasi digital bukan hanya tentang teknologi, tetapi juga tentang kepercayaan,” kata Gretel lebih lanjut.

“Kami ingin memastikan setiap lapisan masyarakat dapat menikmati manfaat digitalisasi dengan solusi yang aman dan inovatif,” imbuhnya.

Berdiri sejak 1994, ALTO sudah mengelola 9.177 unit ATM di seluruh Indonesia pada 2024, sekaligus mencatatkan pertumbuhan signifikan dalam layanan pembayaran contactless, QRIS, dan integrasi API.

ALTO juga memperluas solusi di bidang Switching Services, Managed Service Solutions, dan Business Solutions untuk mendukung ekosistem pembayaran digital yang lebih komprehensif.

Menurut data Bank Indonesia, transaksi perbankan digital pada Juli 2024 meningkat 30,50 persen (year-on-year) menjadi 1.845,27 juta transaksi.

Transaksi QRIS bahkan mencatat pertumbuhan signifikan sebesar 207,55 persen (yoy), dengan jumlah pengguna mencapai 51,43 juta dan merchant mencapai 33,21 juta.

Data ini mempertegas pentingnya sinergi strategis dalam menciptakan ekosistem pembayaran yang inklusif, efisien, dan berkelanjutan.

Leave a Reply