TopCareer.id – Tidak sekadar menjual produk, penjual online atau seller di e-commerce juga harus mampu menyusun strategi pemasaran yang efektif, di mana salah satu cara yang efektif adalah dengan optimasi iklan.
Menurut Rika Yeo, seorang LazStar Trainer Lazada Indonesia, ada beberapa tips jitu yang dapat dilakukan seorang penjual toko online, untuk memaksimalkan iklan online dan mencapai pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.
- Pastikan produk sudah siap jual sebelum beriklan.
Bagi pebisnis yang baru membuka toko digital, hal utama adalah menarik pelanggan, memperkenalkan produk, dan membangun reputasi melalui ulasan.
Iklan bisa membantu mempercepat proses ini, tapi Rika mengingatkan bahwa produk harus siap memikat pelanggan terlebih dahulu.
Baca Juga: Wamenperin Ingin Marketplace Prioritaskan Produk Buatan indonesia
Halaman produk harus optimal dengan judul yang informatif, foto dan video berkualitas, deskripsi menarik, dan harga kompetitif.
“Jangan terburu-buru beriklan sebelum halaman produk benar-benar siap. Jangan seperti membuka toko, tapi etalasenya masih kosong,” kata Rika, dikutip dari siaran pers, Selasa (11/2/2025).
“Pastikan produk yang ditampilkan menarik agar calon pembeli membuka, membeli, dan datang kembali,” Rika menambahkan.
- Pantau dan optimalkan iklan untuk hasil maksimal
Setelah beriklan, pantau dan lakukan evaluasi untuk menemukan strategi terbaik dalam mencapai tujuan penjualan.
Rika pun menganjurkan penjual untuk melakukan optimasi iklan tiap satu hingga dua pekan sekali, serta memantau dashboard secara berkala untuk mengetahui kinerja iklan.
Menurut Rika, hal ini dilakukan untuk mengetahui strategi apa yang berhasil dan apa yang belum berhasil. “Kesalahan pada produk, harga, atau pengaturan iklan dapat diketahui dengan optimasi secara berkala,” ujarnya.
“Terkadang, kesalahan bisa sesederhana keliru menentukan berat produk, yang bisa berdampak pada biaya pengiriman dan akhirnya mempengaruhi konversi,” imbuhnya.
Menurutnya, tiap e-commerce biasanya memiliki dashboard yang menyajikan data komprehensif mengenai performa toko, sebagai fasilitas untuk penjual dalam melakukan strategi bisnis.
- Iklan efektif sebagai kunci pertumbuhan bisnis yang stabil
Rika menekankan pentingnya terus belajar untuk sukses di bisnis online. Menurutnya, penjual tak boleh cumafokus pada optimasi iklan jangka pendek, tapi juga membangun pelanggan setia untuk pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.
Selain itu, ia menyarankan agar penjual tidak terlalu bergantung pada iklan berbayar.
Rika pun mengatakan, data adalah kunci utama. Maka dari itu, penting untuk menyelami data, untuk memahami audiens mana yang paling aktif merespons iklan.
Baca Juga: Bangun Bisnis Produksi Helm Anak, Ryan Berdayakan Warga Sekitar
“Dari sana, penjual dapat merancang strategi iklan yang efektif, tidak hanya untuk menarik pelanggan baru, tetapi juga untuk mengubahnya menjadi pelanggan setia,” kata Rika.
Iklan berfungsi sebagai booster untuk memperkenalkan produk dan penjual harus menciptakan pengalaman belanja yang menyenangkan, agar pelanggan kembali tanpa perlu terus-menerus dirayu iklan.
“Penjual dapat manfaatkan strategi organik, seperti aktif di media sosial, untuk memperluas jangkauan pasar,” ujarnya.
- Pahami perilaku pelanggan untuk optimasi waktu iklan terbaik
Memahami perilaku pelanggan sangat penting dalam mengoptimalkan anggaran iklan. Data dashboard bisa membantu mengidentifikasi waktu traffic tertinggi dan preferensi promosi pelanggan.
“Identifikasi waktu terbaik dalam beriklan dan promo favorit pelanggan dengan analisis perilaku,” kata Rika.
“Tingkatkan anggaran iklan di momen-momen terbaik untuk memaksimalkan jangkauan dan dampak dengan memanfaatkan berbagai fitur promosi,” ia menambahkan.
Sebagai contoh, momen seasonal event seperti Ramadan, bisa jadi peluang untuk meningkatkan penjualan.