Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

ProfesionalTips Karier

6 Tips Tetap Profesional di Tengah Tekanan Kerja

Ilustrasi stres kerja. (Pexels)Ilustrasi tekanan kerja. (Pexels)

TopCareer.id – Setiap pekerjaan atau tempat kerja pasti memiliki tekanan kerja, sehingga penting bagi seorang pekerja untuk bisa mengendalikan tingkat stresnya dan tetap profesional.

Namun, mengelola tekanan kerja tanpa mengorbankan performa membutuhkan latihan dan strategi yang tepat.

Untuk itu, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar tetap memiliki performa kerja yang baik di tengah tekanan kerja, seperti dilansir sfstress.com, ditulis Jumat (16/5/2025).

  • Mengubah situasi

Situasi yang penuh tekanan sering kali terlihat lebih buruk jika dilihat secara negatif.

Alih-alih memandang tugas sebagai sebuah beban, cobalah untuk melihatnya sebagai peluang untuk menunjukkan keterampilan Anda atau menaklukkan tantangan baru.

Mengubah pola pikir dari kekhawatiran menjadi pemecahan masalah yang proaktif dapat mengurangi kecemasan dan meningkatkan kinerja.

Baca Juga: Kemnaker Ingatkan Perusahaan Tak Abaikan Stres Pekerja

  • Mengkaji skenario terburuk

Tekanan yang tinggi bisa membuat seseorang membayangkan hasil yang buruk. Namun, mengkajinya skenario terburuk dengan realistis berpotensi mengungkapkan bahwa hasilnya bisa dikelola.

Mempersiapkan diri untuk potensi masalah dapat mengurangi kecemasan, serta meningkatkan kepercayaan diri dalam kemampuan Anda untuk menangani tantangan yang tidak terduga.

  • Buat rencana aksi

Pecahlah tugas-tugas yang penuh tekanan ke dalam langkah-langkah yang dapat dikelola. Prioritaskan daftar tugas Anda.

Menyelesaikan tugas secara bertahap akan memberikan tujuan yang jelas dan kemajuan yang terukur, sehingga Anda tetap fokus dan mengurangi perasaan kewalahan.

Berfokus pada tindakan yang dapat Anda kendalikan bisa membantu mengelola tekanan secara efektif.

  • Terapkan teknik penghilang stres

Ambil jeda sejenak untuk melakukan berbagai aktivitas yang bisa menghilangkan stres seperti olahraga, meditasi, bernapas dalam-dalam, atau mendengarkan musik yang menenangkan.

Menerapkan teknik-teknik ini bisa membantu menjernihkan pikiran, sehingga Anda lebih produktif saat kembali mengerjakan tugas.

Baca Juga: Tips Kelola Stres di Tempat Kerja Demi Jaga Kesehatan Mental

  • Mundur sejenak dan temukan perspektif

Saat Anda merasa kewalahan, berhentilah sejenak untuk menilai kembali kembali situasi.

Memperlambat langkah memungkinkan Anda melihat gambaran yang lebih besar, mengidentifikasi solusi yang lebih sederhana, dan menghindari kesalahan yang tidak perlu akibat tergesa-gesa.

Perspektif semacam ini dapat mengubah tugas yang tampaknya menakutkan, menjadi aktivitas yang dapat dikelola.

  • Mintalah bantuan

Jangan ragu untuk mencari dukungan apabila tekanan meningkat.

Bicaralah dengan rekan kerja atau delegasikan beban secara signifikan untuk mengurangi stres, serta menciptakan pendekatan yang kolaboratif dan meningkatkan produktivitas tim.

Ingatlah bahwa tekanan juga bisa menjadi motivasi untuk pencapaian yang besar, apabila dikelola secara efektif. Stres hanya terjadi jika tekanan melebihi kemampuan seseorang untuk mengatasinya.

Cobalah beberapa tips di atas untuk membantu Anda mempertahankan kendali dan menggunakan tekanan secara positif, dalam kehidupan profesional.

Leave a Reply