Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Tren

Lazada Investasi Rp 1,6 Triliun untuk Dorong Perdagangan Berbasis Kreator

Malam Penghargaan 'Lazada Affiliates Southeast Asia Awards 2025' di Bangkok, Thailand. (Dok: Lazada)

TopCareer.id – Platform e-commerce Lazada mengumumkan investasi tahunan senilai USD 100 juta atau Rp 1,6 triliun dalam Program Afiliasi Lazada, LazAffiliate, untuk mendorong perdagangan berbasis kreator.

Dalam pengumumannya, perusahaan mengatakan investasi strategis ini ditujukan untuk mendukung struktur komisi yang lebih baik, insentif berbasis performa, dan berbagai fitur pemberdayaan yang memungkinkan para mitra affiliate memasuki era perdagangan baru yang dipimpin para kreator di seluruh Asia Tenggara.

Jared Chan, Head of Regional Affiliate, Lazada Group mengatakan, mereka berkomitmen untuk memberdayakan influencer dan pembuat konten di seluruh Asia Tenggara, agar bisa membuka peluang penghasilan baru dan memperbesar pengaruhnya.

“Melalui investasi ini, kami ingin membangun ekosistem afiliasi yang dinamis, yang tidak hanya mendukung pertumbuhan semangat kewirausahaan, tetapi juga menciptakan koneksi yang lebih otentik antara brand dan konsumen,” kata Chan, mengutip siaran pers, Selasa (3/6/2025).

Di Indonesia, affiliate marketing menjadi fenomena untuk mencari penghasilan tanpa modal besar.

Survei Populix Affiliate Insights menemukan bahwa mayoritas (59 persen) konsumen non-afiliasi pernah membeli produk afiliasi terutama pakaian, elektronik, kecantikan, dan makanan. Minat untuk menjadi afiliator juga tinggi (80 persen), meski ada kekhawatiran soal penghasilan.

Baca Juga: Pelaku E-Commerce Asia Tenggara Masih Butuh Dukungan untuk Adopsi AI

Lazada sendiri baru-baru ini memperbarui program LazAffiliate, dengan memperkenalkan sejumlah struktur insentif dan fitur-fitur untuk para mitra.

Kanal LazAffiliate yang telah diperbarui kini memiliki tampilan yang lebih mudah digunakan, sehingga proses memilih produk menjadi lebih mudah dan efisien.

Selain itu, tersedia daftar produk pilihan dengan peluang penjualan tinggi dan komisi besar, sehingga para mitra affiliate bisa fokus pada produk yang paling menguntungkan.

Lazada juga menghadirkan Performance Dashboard yang memberikan data seperti jumlah pengunjung dan performa link yang dibagikan, termasuk tingkat konversi, jumlah pengunjung unik, dan komisi, guna mendukung strategi konten yang lebih efektif demi mendapatkan penghasilan yang lebih baik.

Para mitra affiliate kini bisa mendesain toko digital mereka sendiri untuk menampilkan produk-produk rekomendasi, sehingga mempermudah followers menemukan dan membeli produk.

Baca Juga: Biar Makin Cuan, Ini Tips Optimasi Iklan Buat Jualan Online

Lalu, selama promo belanja seperti 6.6, 9.9, 11.11, dan 12.12, para mitra affiliate bisa mendapatkan bonus spesial, komisi lebih tinggi, serta berbagai tantangan seru untuk meningkatkan pendapatan.

Untuk meningkatkan penghasilan para mitra afiliasi, perusahaan juga menjalin kemitraan dengan berbagai brand dan penjual online ternama, untuk menghadirkan strategi pemasaran berbasis performa yang efektif dan efisien.

Ada beberapa investasi Lazada dalam kerja sama tersebut. Pertama adalah voucher toko yang mereka danai, sebagai tambahan dari insentif selama komisi afiliasi, untuk mendorong pembelian konsumen.

Selain itu, terdapat ekosistem kreator multi-level, yaitu jaringan yang terdiri dari influencer, content creator, dan key opinion consumers (KOC) untuk meningkatkan visibilitas dan penemuan produk.

Leave a Reply