Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Tips Karier

Karier Pekerja Outsourcing Juga Bisa Berkembang, Ini Tipsnya

Ilustrasi beda perusahaan outsourcing dengan pialang.Ilustrasi perusahaan. (Pexels)

TopCareer.id – Menjadi seorang pekerja outsourcing atau alih daya bukan berarti membuat karier tak bisa berkembang.

Bagi yang baru mulai terjun di dunia kerja, outsourcing juga bisa jadi jalan masuk menuju karier yang lebih baik serta menambah koneksi untuk ke depannya.

Menavigasi karier secara strategis menjadi sangat krusial bagi pekerja alih daya, untuk menghadapi dunia kerja yang terus berubah.

Menurut platform lowongan kerja Jobstreet, berikut beberapa tips bagi pekerja alih daya, sehingga tetap kompetitif dan berkembang:

  • Pahami Kontrak

Pahami secara menyeluruh ketentuan perjanjian kerja dengan perusahaan outsourcing, termasuk hak, tanggung jawab, upah, tunjangan, dan klausul penghentian.

Waspadai ketentuan soal kelangsungan pekerjaan jika perusahaan klien mengganti vendor outsourcing.

Baca Juga: Jobstreet Ungkap Potensi Outsourcing untuk Alternatif Serapan Tenaga Kerja

  • Fokus pada Pengembangan Keterampilan

Terus tingkatkan keterampilan, terutama di bidang dengan permintaan tinggi seperti IT, layanan pelanggan, dan proses bisnis khusus.

Fitur KarirKu dalam aplikasi Jobstreet bisa menjadi salah satu alternatif solusi untuk melakukan pembelajaran dan upskilling.

  • Komunikasi yang Kuat

Kembangkan keterampilan komunikasi yang sangat baik. Sampaikan dengan jelas pemahaman tentang tugas, tanggung jawab, dan hasil yang diinginkan kepada penyedia outsourcing dan perusahaan klien.

  • Manajemen Kinerja Proaktif

Cari umpan balik secara teratur, identifikasi area untuk perbaikan, dan berusahalah untuk melampaui harapan. Tunjukkan konsistensi dalam kualitas kerja dan proaktivitas bagi klien.

Baca Juga: Jobstreet: Pekerja In-House dan Outsourcing di Perusahaan Harus Seimbang

  • Bangun Hubungan Profesional

Jalin hubungan kerja yang kuat dengan rekan kerja di perusahaan alih daya dan tim di perusahaan klien. Berjejaring dapat membuka pintu peluang di masa depan.

  • Rangkul Fleksibilitas dan Adaptabilitas

Peran outsourcing sering kali membutuhkan adaptabilitas terhadap lingkungan klien, alur kerja, dan teknologi yang berbeda.

Karena itu, bersikap fleksibel dan terbuka terhadap tantangan baru akan menjadi nilai tambah dan dapat dipandang oleh klien sebagai aset.

  • Pengalaman Multi-Klien

Diversifikasi pengalaman dengan bekerja untuk klien-klien di berbagai industri untuk memperluas keterampilan dan pemahaman industri.

  • Sertifikasi dan Edukasi Formal

Dapatkan sertifikasi yang relevan dan pendidikan formal yang menjadi standar di industri. Ini merupakan investasi yang dapat membawa ke peluang kerja yang lebih bernilai dan kompensasi yang lebih baik.

Leave a Reply