Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Tren

Alibaba.com Luncurkan Layanan untuk Bantu UMKM RI Tembus Pasar Global

Roger Luo, Head of South and South Asia of Alibaba.com, dalam gelaran Alibaba.com Indonesia Conference 2025 di Jakarta (26/08/2025). (Dok: Alibaba.com)

TopCareer.id – Platform e-commerce B2B Alibaba.com meluncurkan program yang ditujukan untuk mendukung Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Indonesia go digital dan menembus pasar internasional.

Pengumuman program bernama Guarantee Package ini disampaikan dalam gelaran Alibaba.com Indonesia 2025, yang digelar di Jakarta.

Menurut laporan Research & Markets 2025, nilai pasar e-commerce B2B global diperkirakan mencapai USD 47,5 triliun (sekitar Rp 736.250 triliun) pada 2030.

Namun, banyak UMKM Indonesia masih kesulitan untuk masuk pasar global karena keterbatasan pengetahuan, prosedur ekspor yang rumit, dan kurangnya dukungan digital.

Baca Juga: UMKM dan Freelancer Wajib Punya Pelindungan Siber

Roger Luo, Head of South and Southeast Asia, Alibaba.com mengatakan, perdagangan global saat ini bergeser dengan sangat cepat.

“Akan tetapi, UMKM masih menghadapi hambatan untuk go global, mulai dari standar kualitas dan kepercayaan pembeli, hingga kesiapan digital,” kata Luo, mengutip siaran pers, Kamis (28/8/2025).

“Ini bukan cerminan kurangnya potensi, ini adalah sinyal bahwa ekosistem harus bergerak lebih cepat, cerdas, dan kolaboratif,” imbuhnya.

Alibaba.com pun memperkenalkan Guarantee Package untuk membantu UMKM Indonesia bersaing di kancah global, serta mendukung bisnis yang beralih ke model ekspor online.

Melalui program ini, Alibaba.com memberikan dukungan khusus agar UMKM bisa meningkatkan kepercayaan pembeli, memperluas jangkauan pasar, dan mendapatkan hasil ekspor yang terukur.

Baca Juga: Mentalitas dan Ketahanan Berbisnis Jadi Tantangan Pelaku UMKM

Program ini juga meningkatkan visibilitas produk bagi pembeli dan menyediakan alat untuk mengoptimalkan operasi lintas batas (cross-border) dan capaian komersial.

Ini akan membantu UMKM Indonesia memenuhi ekspektasi pembeli dengan lebih baik dan memperluas skala ke pasar internasional.

Selain itu, akan ada layanan gratis pengembangan mini-site profesional dan pencantuman produk, demi menurunkan hambatan masuk serta mempercepat peluncuran online para eksportir.

Program ini berlaku untuk pemasok Indonesia baru yang bergabung di Alibaba.com dalam 90 hari pertama.

Leave a Reply