TopCareer.id – Menyambut Tahun Yubileum 2025, Vatikan meluncurkan sebuah maskot yang terinspirasi budaya pop ala karakter anime bernama Luce.
Luce, atau berarti “cahaya” dalam bahasa Italia, diresmikan oleh Uskup Agung Rino Fisichella.
Luce dirancang oleh Simone Legno, kreator tokidoki, brand gaya hidup yang bentuk-bentuk karakternya terinspirasi Jepang dan muncul pada berbagai produk seperti pakaian, tas, aksesoris, dan mainan.
Mengutip The Straits Times, Kamis (31/10/2024), situs resmi Yubileum 2025 mendeskripsikan Luce sebagai “peziarah yang berpakaian seperti pelancong pada umumnya.”
Baca Juga: Ternyata Ini Fungsi Pipa Beton di Lapangan dalam Film Doraemon
Luce menggunakan mantel berkerudung kuning yang merujuk pada warna bendera Vatikan. Sementara, sepatu botnya yang kotor dideskripsikan “menjadi saksi perjalanan yang telah ditempuhnya.”
Karakte ini juga mengenakan salib dan memegang tongkat peziarah di tangannya.
Mata Luce, yang “bersinar dengan cahaya yang kuat”, melambangkan “harapan yang lahir di hati setiap peziarah, dan mencerminkan keinginan untuk spiritualitas dan hubungan dengan yang ilahi.”
Luce juga punya beberapa teman yaitu Fe, Xin, dan Sky, serta malaikat, merpati, dan anjing.
Baca Juga: Perkuat Kepercayaan Konsumen Jadi Kunci Sukses Brand di Era Digital
Legno dalam unggahan Instagram-nya mengaku tidak pernah membayangkan akan membawa kontribusi artistiknya ke Tahta Suci Vatikan.
“Perayaan Yubileum tidak diragukan lagi merupakan kesempatan unik untuk pertemuan dan dialog bagi jutaan orang, termasuk banyak orang muda,” katanya.
“Saya berharap peziarah Luce dan teman-teman seperjalanannya dapat mewakili sentimen yang bergema di hati generasi muda.”
Dikutip dari Catholic News Agency, menurut Rino Fisichella, maskot ini punya tujuan agar Vatikan terlibat dengan “budaya pop yang sangat dicintai oleh kaum muda.”
Luce akan debut di konvensi Lucca Comics and Games, yang akan digelar pada 30 Oktober sampai 3 November 2024.