TopCareer.id – Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) membuka rekrutmen Pandu Literasi Digital 2025.
Pandu Literasi Digital adalah relawan terpilih yang akan menjadi agen perubahan, yang mampu melakukan edukasi, advokasi, dan pendampingan masyarakat agar lebih cakap, aman, beretika, dan berbudaya di ruang digital.
Pendaftaran dibuka hingga tanggal 28 September 2025 pukul 23.59 WIB.
Syarat daftar Pandu Literasi Digital 2025
Berikut ini persyaratan untuk mendaftar program Pandu Literasi Digital 2025, seperti dikutip dari akun Instagram @bpsdm.komdigi:
Persyaratan umum
- Warga Negara Indonesia (WNI)
- Usia minimal 20 tahun dan maksimal 65 tahun
- Pendidikan minimal S1 (semua jurusan). Khusus segmen Pelaku Usaha minimal D3 (semua jurusan)
- Mampu berkomunikasi secara lisan dan tulisan dengan baik
- Memiliki perangkat digital (smartphone/laptop) dan akses internet
- Diutamakan menguasai penggunaan Google Workspace (Docs, Form, Sheets, dll.) dan aplikasi digital lainnya
- Memiliki komitmen sosial terhadap pendidikan komunitas
- Aktif atau berminat pada kegiatan literasi, edukasi, komunitas, atau relawan
- Memahami konsep & praktik literasi digital (cakapan digital, keamanan digital, budaya digital, etika digital)
- Bersedia mengikuti seluruh tahapan Rekrutmen dan pelatihan Pandu Literasi Digital
- Bersedia menjalankan tugas sebagai Pandu Literasi Digital minimal selama 6 bulan secara fleksibel
- Telah mengikuti atau bersedia mengikuti pelatihan literasi digital Kementerian Kominfo (dibuktikan dengan sertifikat)
- Tidak berstatus sebagai pengurus/anggota partai politik (dibuktikan dengan surat pernyataan)
Baca Juga: Komdigi Ajak Anak Muda Jadi Prompt Engineer
Persyaratan Khusus Segmen Masyarakat Umum
- Memiliki pengalaman atau minat dalam pembelajaran, pelatihan, mentoring, atau pendampingan.
- Penyuluhan komunitas formal/nonformal dibuktikan dengan sertifikat dari lembaga pemerintah/BUMN/swasta.
- Diutamakan memiliki kemampuan dalam menjelaskan istilah teknis yang mudah dipahami dan sesuai dengan bahasa serta budaya komunikasi masyarakat di wilayah domisili atau penugasan
- Pendaftaran rekrutmen ini dibuka khusus untuk entitas selain segmen pendidikan, pelaku usaha, dan pemerintah. Panitia berhak menolak peserta dari luar sasaran tersebut
Persyaratan Khusus Segmen Pendidikan
- Memiliki pengalaman (portofolio) atau minat dalam kegiatan pembelajaran, pelatihan, mentoring atau penyuluhan pendidikan formal/nonformal dibuktikan dengan sertifikat dari Lembaga Pemerintah/BUMN/Swasta. Portofolio dapat berupa dokumentasi kegiatan, sertifikat, publikasi, atau bukti karya lainnya
- Pendaftaran rekrutmen ini dibuka khusus untuk individu dari segmen pendidikan.
- Wajib melampirkan data dukung yang menyatakan berasal dari institusi pendidikan/organisasi pendidikan terkait sebagai bukti keterlibatan aktif
- Panitia berhak melakukan verifikasi dan menolak pendaftar yang tidak dapat membuktikan keterlibatannya secara langsung dalam bidang pendidikan
Persyaratan Khusus Segmen Pelaku Usaha
- Pernah mendampingi UMKM atau Pelaku Usaha (online/offline) yang dapat dibuktikan dengan sertifikat/dokumen pendukung lainnya
- Pengalaman menjadi/berjualan online (marketplace, media sosial) minimal 1 tahun.
- Mampu merancang dan memfasilitasi pelatihan interaktif (daring, luring & hybrid).
- Memiliki jejaring atau keterhubungan dengan komunitas UMKM, koperasi, asosiasi bisnis, atau lembaga pendukung usaha di wilayah masing-masing
- Pendaftaran hanya untuk entitas dari segmen pelaku usaha. Panitia berhak menolak peserta dari luar sasaran tersebut
Persyaratan Khusus Segmen Pemerintahan
- Memiliki pengalaman atau minat dalam kegiatan pembelajaran, pelatihan, mentoring atau penyuluhan baik formal nonformal yang dibuktikan dengan sertifikat dari lembaga pemerintah/BUMN/swasta
- Diutamakan atau diprioritaskan masih aktif sebagai ASN.
- Mempunyai jaringan/akses ke instansi pemerintahan.
- Mempunyai pengalaman bekerja sama dengan instansi pemerintahan (dibuktikan dengan sertifikat/surat pernyataan/dokumentasi).
- Mempunyai kredibilitas dan kemampuan penyampaian materi di lingkungan pemerintahan (dibuktikan sertifikat/surat pernyataan/dokumentasi).
- Diutamakan atau diprioritaskan sudah pernah terlibat kegiatan literasi digital sebelumnya (dibuktikan sertifikat/surat pernyataan/dokumentasi).
- Memahami struktur, budaya kerja, dan prosedur birokrasi pemerintahan, sehingga dapat menyesuaikan materi literasi digital dengan konteks ASN/pegawai pemerintah
Baca Juga: Indeks Literasi Digital Indonesia Naik, tapi Aspek Keamanan Masih Rendah
Jadwal Pendaftaran & Rekrutmen
- Pendaftaran Peserta: 19 – 28 September 2025
- Seleksi Administrasi: 29 September – 2 Oktober 2025
- Pengumuman Hasil Administrasi: 3 Oktober 2025
- Materi Pengantar Literasi Digital: 6 Oktober 2025
- Tes Kompetensi Digital: 6 Oktober 2025
- Tes Wawancara: 7 Oktober 2025
- Pengumuman Hasil Seleksi: 13 Oktober 2025
Cara daftar Pandu Literasi Digital 2025
- Mengisi formulir pendaftaran secara online melalui tautan resmi panitia sesuai segmen yang dikehendaki.
- Melampirkan CV singkat, foto terbaru, surat motivasi, dan portofolio.
- Batas akhir pendaftaran 28 September 2025 pukul 23.59 WIB.
- Seluruh dokumen diunggah dalam format PDF/JPEG sesuai ketentuan dalam formulir pendaftaran.
Link Pendaftaran
- Segmen Masyarakat: https://s.komdigi.go.id/seleksipandumasyarakat
- Segmen Pendidikan: https://s.komdigi.go.id/seleksipandupendidikan
- Segmen Pemerintahan: https://s.komdigi.go.id/seleksipandupemerintahan
- Segmen Pelaku Usaha: https://s.komdigi.go.id/seleksipandupelakuusaha