TopCareer.id – Komisi Nasional Anti-Kekerasan terhadap Perempuan atau Komnas Perempuan membuka lowongan kerja Asisten Koordinator Gugus Kerja Perempuan Pekerja.
Komnas Perempuan adalah lembaga negara yang independen untuk penegakan hak asasi manusia perempuan Indonesia.
Dikutip dari pengumuman resminya, Gugus Kerja Perempuan Pekerja bertugas untuk melakukan analisis substantif, pemantauan, advokasi kebijakan, kerja sama multipihak, dan pendidikan publik untuk mendorong perlindungan dan pemajuan hak asasi Perempuan Pekerja berdasarkan prinsip HAM dan keadilan gender, mencakup upaya penghapusan kekerasan di dunia kerja, pemenuhan standar kerja layak, hak maternitas, serta prinsip bisnis dan HAM.
Sementara, Asisten Koordinator Bagian Advokasi Kebijakan Perempuan Pekerja berperan penting dalam mendukung pelaksanaan advokasi kebijakan yang berbasis kajian dan analisis isu-isu perempuan pekerja, guna mendorong perubahan kebijakan dan praktik yang menjamin pemenuhan, perlindungan, serta penghormatan hak-hak perempuan pekerja di berbagai sektor.
Baca Juga: Kedubes AS Buka Lowongan Kerja, Lulusan SD Bisa Daftar
Kualifikasi yang dibutuhkan
- Berpendidikan minimal S1 diutamakan dari bidang Ilmu Hukum dan Kebijakan Publik.
- Memiliki pengalaman kerja minimal 3 tahun di bidang yang relevan, khususnya dalam advokasi kebijakan isu ketenagakerjaan dan kesetaraan gender.
- Memiliki pengalaman dan kemampuan mengelola program yang didukung oleh anggaran hibah maupun APBN.
- Memiliki kemampuan analisis kebijakan, legal drafting, dan menyusun rekomendasi atau usulan perubahan kebijakan.
- Menguasai isu-isu hak asasi perempuan dan kekerasan berbasis gender terutama dalam konteks perempuan pekerja, serta memiliki pengetahuan dan keberpihakan tentang prinsipprinsip keadilan berperspektif korban.
- Memiliki kemampuan berkomunikasi dan berjejaring secara strategis dengan berbagai pihak seperti lembaga pemerintah, serikat pekerja, organisasi masyarakat sipil, dan mitra akademik, untuk mendukung kegiatan lobi, koordinasi lintas bidang, serta diseminasi hasil advokasi kebijakan.
- Sanggup melakukan perjalanan sewaktu-waktu, bekerja di lapangan dalam situasi mendesak, serta memiliki ketahanan dan fleksibilitas tinggi dalam menjalankan tugas advokasi kebijakan.
- Memiliki kemampuan membuat rencana kerja dan anggaran sesuai kebutuhan arah program kerja.
- Memiliki kemampuan menulis, membuat laporan (baik laporan substantif maupun laporan administrasi keuangan), dan membuat kerangka acuan kegiatan.
- Memiliki kemampuan berbahasa Indonesia baku dan kemampuan dalam bahasa Inggris yang baik
Cara Melamar
- Kirimkan lamaran Anda secara daring (online) melalui halaman https://forms.gle/rhXLxZxF7bxhLfwK8 paling lambat Rabu, 24 Desember 2025 pukul 17.00 WIB. Sebagai bagian dari lamaran ini, Anda perlu menyelesaikan lamaran daring yang mencakup esai tidak lebih dari 500 kata yang memberi tahu bagaimana keterampilan, pengalaman, dan kualifikasi Anda menjadikan Anda kandidat terbaik untuk posisi ini.
- Beri tahu mengapa Anda adalah orang yang tepat untuk pekerjaan tersebut. Komnas Perempuan ingin tahu mengapa Anda ingin bekerja di sana, mengapa Anda tertarik dengan posisi tersebut, apa yang dapat Anda tawarkan, dan bagaimana keterampilan, pengetahuan, pengalaman, dan kualifikasi Anda berpengaruh untuk peran tersebut. Singkatnya, mengapa Komnas Perempuan harus mempekerjakan Anda?
- Usahakan untuk tidak menduplikasi informasi yang sudah ada dalam ringkasan pekerjaan dalam laman ini, tetapi soroti contoh atau pencapaian spesifik yang akan menunjukkan kemampuan Anda dalam menjalankan peran tersebut.
- Komnas Perempuan hanya akan memproses lamaran yang dikirimkan melalui tautan form lamaran daring yang disebutkan. Lamaran yang dikirimkan melalui prosedur lain tidak akan diproses.
Informasi lebih lanjut mengenai lowongan kerja Komnas Perempuan tersebut bisa dicek di sini.













