Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, May 4, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Penelitian: Peningkatan Risiko Kesehatan Bagi Orang Yang Merokok Dan Vape Terhadap COVID-19

Topcareer.id – Virus corona atau COVID-19 telah meluas di seluruh dunia. Infeksi gangguan pernapasan dan paru-paru yang parah adalah dampak paling buruk akibat virus ini.

Luca Cucullo, Ph.D., dan peneliti lain dari Pusat Ilmu Kesehatan Universitas Texas Tech (TTUHSC) telah bertahun-tahun mempelajari efek merokok dan uap pada sistem serebrovaskular dan neurologis. Penelitian mereka, dan penelitian orang lain, telah menunjukkan perokok tembakau dan produk vaping lebih rentan terhadap infeksi virus dan bakteri daripada non-perokok.

Berdasarkan temuan tersebut dan studi kasus pasien COVID-19 baru-baru ini, Cucullo dan asisten peneliti lulusan TTUHSC Sabrina Rahman Archie meninjau peran merokok dan vaping dalam disfungsi serebrovaskular dan neurologis dari mereka yang tertular virus. Studi mereka, “Disfungsi Serebrovaskular dan Neurologis di bawah Ancaman COVID-19: Apakah Ada Peran Komorb untuk Merokok dan Vaping?” diterbitkan 30 Mei 2020 di International Journal of Molecular Sciences.

Dalam penelitian sebelumnya, Cucullo menunjukkan bagaimana asap tembakau dapat merusak fungsi pernapasan seseorang. Itu dapat mempengaruhi sistem pembuluh darah dan akhirnya otak.

Karena COVID-19 juga menyerang sistem pernapasan dan vaskular, dia dan Archie ingin melihat apakah ada kasus yang dilaporkan menunjukkan virus juga dapat mempengaruhi otak dan menyebabkan timbulnya gangguan neurologis jangka panjang seperti stroke iskemik. Mereka juga mencari bukti yang menunjukkan merokok dan vaping jika tidak dapat memperburuk hasil untuk pasien COVID-19, yang menurut Cucullo tampaknya menjadi penyebabnya.

Archie mengatakan beberapa studi kasus menunjukkan memang ada kejadian stroke pada pasien COVID-19 dan tampaknya meningkat setiap hari. Bahkan, satu studi dari 214 pasien menemukan bahwa 36,45% pasien COVID-19 memiliki gejala neurologis, lebih lanjut menunjukkan virus mampu mempengaruhi sistem pembuluh darah otak. Tetapi bagaimana ini terjadi?

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply