Topcareer.id – Dalam bekerja, ada hal yang tak kalah penting dari kemampuan dan attitude, yaitu menguasai bahasa tubuh (body language) di tempat kerja.
Dengan menguasai bahasa tubuh, kita akan dapat mengontrol rasa malu dan gugup. Dilansir dari content.wisestep.com, Selasa (10/09/2019), berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan.
Postur
Buatlah postur tubuh yang memperlihatkan kepercayaan diri, seperti duduk dengan posisi tegak. Postur ini cukup membantu meningkatkan kepercayaan diri di antara kolega dan di mata atasan.
Kontak mata
Dalam percakapan atau wawancara, baik dengan atasan maupun kolega, kontak mata sangat penting. Ini menandakan bahwa kita percaya diri dan menghargai lawan bicara kita. Melihat ke arah lain akan dianggap tidak sopan atau kurang memperhatikan.
Atur jarak formal
Mempertahankan jarak antara kita dan lawan bicara mengindikasikan bahasa tubuh yang positif di lingkungan profesional. Perhatikan jarak yang cukup untuk bisa saling menatap tanpa terasa terlalu jauh ataupun terlalu dekat.