Topcareer.id – Banyak perusahaan kini mulai terbiasa memberikan karyawannya kebebasan untuk bekerja dari jarak jauh atau working from home (WFH).
Tapi, bagaimana dengan karyawan milenial yang harus berbagi ruang dengan pasangannya saat WFH?
WFH bisa sulit dilakukan, terutama jika pasangan milenial memiliki kebiasaan, preferensi, dan metode bertentangan untuk berpikir kreatif dan menghindari gangguan.
Sama seperti elemen hubungan lainnya, hidup berdampingan di ruang kerja membutuhkan banyak komunikasi dan pemahaman tentang kebutuhan orang lain.
Daripada mengambil risiko bertengkar, berikut ini lima tips tentang cara menyegarkan kebiasaan kerja kamu untuk memaksimalkan efisiensi bersama pasangan.
Ciptakan ruang kerja mandiri
Lingkungan kerja secara langsung mempengaruhi motivasi dan kreativitasmu, jadi penting untuk sama-sama menjaga identitas kamu melalui ruang kerja di rumah.
Oleh sebab itu, setujuilah untuk mengkonfigurasi area kerja terpisah untuk menumbuhkan ide kamu sendiri.
Bedakan ruangan kamu dengan hal-hal penting favoritmu seperti pencahayaan pilihanmu, atau hal-hal kecil yang membawa kegembiraan bagimu seperti tanaman.
Periksa daftar tugas harian
Jaga satu sama lain dalam lingkaran beban kerja masing-masing dan juga pertanggungjawabkan satu sama lain.
Dengan menguraikan daftar tugas kamu di pagi hari sebelum salah satu dari kalian mulai, kamu dapat melihat secara nyata apa yang perlu dilakukan satu sama lain dan dapat lebih memahami tanggung jawab satu sama lain.
Setuju membuat daftar tanpa gangguan
Beberapa orang bekerja lebih baik dengan musik sebagai latar belakang. Beberapa lebih suka berpindah-pindah ruangan untuk memicu kreativitas.
Ada juga yang suka menelepon rekan kerja untuk berkolaborasi dalam ide. Tidak ada cara yang tepat untuk bekerja dari rumah.
Baca juga: Atasi Gangguan Terbesar Selama WFH Dengan 3 Langkah Ini
Kamu perlu bereksperimen dengan apa yang terbaik bagi kamu dan pasangan.
Buatlah daftar hal-hal yang kamu berdua bisa setujui sebagai pemecah kesepakatan untuk konsentrasi yang bisa merusak siklus kerja kamu.
Bicarakan tentang cara membuat rencana ke depan untuk meminimalkan perselisihan.
Sadarilah untuk tidak apa-apa saling berkolaborasi
Terkadang, bekerja dari rumah diposisikan sebagai pengaturan yang sangat soliter dan terisolasi, tetapi sebenarnya tidak harus demikian!
Kamu mungkin merasa perlu menjauhkan diri dari pasangan agar tidak terganggu atau ingin mempertahankan otonomi.
Tetapi sebenarnya tidak apa-apa untuk menyadari bahwa kamu membutuhkan sosialisasi.
Pasangan kamu mungkin satu-satunya orang yang bisa kamu temui, jadi manfaatkan ide untuk saling perspektif yang berbeda.
Ambil waktu istirahat untuk makan siang bersama
Beristirahat secara teratur saat WFH sangat penting, terutama untuk makan siang.
Memang mudah untuk terjebak dalam pekerjaan sepanjang hari, tetapi demi kesehatan mental, penting untuk berhenti dan merawat diri.
Coba sepakati dengan pasangan tentang waktu rehat makan siang lalu menikmati istirahat bersama.
Ini bisa menjadi kesempatan kamu untuk saling bercerita sambil menghabiskan waktu bersama untuk memasak.
Atau kamu bisa memanfaatkan waktu istirahat WFH sebagai kesempatan untuk saling bermesraan sejenak, untuk melepas lelah dari penatnya bekerja.**(Feb)