Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, March 28, 2024
redaksi@topcareer.id
Profesional

Cara DJ Atasi Cue yang Rusak

Foto Ilustrasi

TOPCAREER.ID – Penting bagi seorang disk jockey (DJ) mengenal semua fungsi di tiap tombol yang ada di compact disk jockey (CDJ). Nah, cue merupakan salah satu tombol yang sering digunakan DJ dalam mixing lagu. Bagaimana ya kalau tombol ini enggak bersahabat alias rusak saat nge-DJ?

Tombol cue sendiri dalam CDJ itu berfungsi untuk menentukan titik awal lagu yang akan dimainkan. Ketika tombol ini ditekan, lagu tidak akan berputar secara keseluruhan, melainkan hanya titik awalnya saja, ketika dilepaskan maka lagu akan berhenti.

DJ Sherly Silvi biasanya menggunakan tombol cue untuk memotong lagu yang hendak di-mixing. Ada kalanya, tombol penting ini kondisinya malah rusak. Kalau sudah begitu, kata Sherly, kadang ia memainkan lagu di deck lainnya yang memang tidak rusak.

Tak jarang, jika cue rusak, Sherly harus melakukan cue-ing sendiri. Nah, membuatnya di deck yang tidak rusak. Paling tidak, DJ menggunakan 2 deck saat mixing lagu. Sherly mengaku biasanya menggunakan 3 deck saat perform.

“Jadi aku mainin lagu yang deck sebelah kanan lagu yang emang enggak perlu dipotong-potong lagi. Sebelah kiri kan emang harus dipotong dan diproses lagi, bikin cue-nya di deck sebelah kiri yang bisa,” kata Sherly saat ditemui TopCareer.id.

Trik lain untuk menyiasati cue yang rusak, biasanya Sherly gunakan beberapa effect yang ada dalam CDJ itu, lalu langsung diplay lagu kedua. Beberapa effect yang bisa membantu DJ selama perform, yakni delay, echo, flanger, looping, dan lain-lain.

“Kalau lagu cue-nya memang harus bikin manual sendiri dulu, itu biasanya aku mainin di tempat yang cue-nya enggak rusak. Pintar-pintarlah pakai filter, juga bisa pakai effect supaya enggak kelihatan banget,” papar Sherly.

Sebagai DJ yang memang masih terbilang baru, Sherly juga pernah mengalami kesalahan saatperform. Ada kalanya beat dan clap tidak sesuai atau tidak singkron sehingga lagu yang keluar enggak beraturan.

Sherly pun pernah mengalami hal tersebut. Ada memang audience yang tidak begitu memperhatikan sehingga kesalahan tidak tampak fatal. Namun, tetap saja perlu ditangani dengan segera

“Ngeprak kita sebutnya, jadi beat sama clap tabrakan, kan kedengaran banget, itu biasanya secepat mungkin aku benerin. Tapi kalau udah mepet banget waktunya lagu pertama turun, biasanya aku pakein effect. Pakein effect, cop, kalu enggak aku potong lagunya.”

Leave a Reply