Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, July 10, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Ini Cara Jitu Dapat Promosi Jabatan

TOPCAREER.ID – Persaingan di dunia kerja sangat ketat. Banyak rekan kerja yang memiliki pengalaman lebih banyak, alhasil kemungkinan mendapat promosi jabatan terkendala. Tidak hanya itu, rekan kerja yang kurang bisa diajak kerjasama dan atasan yang hanya mementingkan hasil akhir tanpa mau menilai apa saja yang sudah dilakukan bawahan juga terkadang menjadi kendala yang menyebabkan semua yang sudah kita lakukan jadi tidak terlihat oleh perusahaan. Kita pun terhambat naik jabatan.

Untuk bisa mendapat promosi jabatan, tidak cukup hanya bekerja keras, namun juga harus bekerja cerdas. Tidak hanya sampai di situ, jika apa yang kita kerjakan tetap tidak terlihat menonjol oleh atasan juga akan sulit untuk mendapatkan promosi.

Untuk itu kita dituntut lebih kreatif dan melakukan pekerjaan yang bisa membuat kita menonjol di mata atasan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Dilansir dari Thehowtosocialworker berikut langkah-langkahnya:

Lakukan pekerjaan, dan selesaikan dengan sangat baik
Hal seperti ini seharusnya tidak perlu diberitahukan berulang kali. Semua orang sudah pasti akan langsung mengerjakan pekerjaan yang ditugaskan kepadanya. Namun, masih banyak orang yang mengerjakan dengan biasa-biasa saja lalu mereka bertanya-tanya mengapa rekan kerjanya yang mengerjakan pekerjaan yang sama justru mendapatkan nilai lebih, pujian, atau bahkan promosi.

Kita perlu menurunkan ego dan rasa iri, cari tahu bagaimana rekan kerja tersebut menyelesaikan pekerjaannya, pelajari caranya, kreativitasnya, dan rajinlah berkomunikasi pada atasan dan berikanlah hal yang lebih dari ekspektasi. Di sini kita akan terlihat lebih menonjol, sehingga bisa menjadi yang terpilih apabila ada promosi dari atasan.

Jadilah pemimpin
Menjadi pemimpin di sini bukan berarti mendadak menjadi bos, namun cobalah untuk sering terlihat vokal di antara rekan-rekan kerja dan di hadapan atasan saat sedang meeting. Beranilah untuk mengungkapkan sebuah ide, jangan menunggu orang lain mengemukakan idenya terlebih dahulu, belajarlah memotivasi rekan kerja yang lain. Keberanian seperti ini akan sangat berguna dan menguntungkan bagi perkembangan karir.

Manfaatkan kesempatan
Seorang atasan terkadang terjun langsung mengawasi pekerjaan timnya. Nah, itu adalah waktu saat kita bisa mengambil kesempatan untuk menunjukkan diri kepada atasan mengenai apa saja yang sudah kita lakukan. Tunjukkan juga bahwa kita juga bisa membantu rekan kerja yang kesulitan dalam menyelesaikan tugasnya. Ketika pada kesempatan berikutnya dipanggil untuk bisa bertemu dengan atasan, sampaikan minat positif untuk bertumbuh secara profesional dalam karir.

Kenali pesaing dan pengambil keputusan penting di tempat kerja
Mengenali pesaing di sini bukan hanya kenal biasa secara pertemanan, namun kenali skill apa saja yang ia miliki, cari tahu apa kelemahan mereka, lalu kembangkan diri agar bisa menutup kelemahan mereka serta menjadi lebih berkualitas. Tidak cukup sampai di situ, seorang pengambil keputusan penting juga perlu kita kenali lebih dekat. Akan lebih mudah dalam menjual kualitas diri pada seorang pengambil keputusan yang sudah kita kenal.

Langkah-langkah ini bisa coba dilakukan di tempat kerja. Dari semua langkah ini masih bisa dikembangkan sendiri sesuai dengan situasi dan kondisi di tempat kita bekerja. Jadilah fleksibel. Boleh berpatokan pada beberapa tips pengembangan diri namun kita juga harus siap untuk beradaptasi dengan melakukan langkah lain yang bisa menghasilkan hal positif pada pengembangan karir kita.*

Penulis: Rino Prasetyo
Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply