Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Saturday, September 21, 2019
redaksi@topcareer.id
Tren

Seleknas Calon Kompetitor ASC ke–XIII Dibuka Hari Ini

Staf Ahli Menteri Bidang Kerjasama International Kementerian Ketenagakerjaan, Suhartono (kanan). Foto : Dok.Kemnaker
Views

TOPCAREER.ID – Kementerian Ketenagakerjaan melalui Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas secara resmi menggelar Seleksi Nasional (Seleknas) Calon Kompetitor ASEAN Skills Competition (ASC) atau Kompetisi Keterampilan Tingkat ASEAN ke – XIII Tahun 2019. Acara ini secara resmi dibuka oleh Staf Ahli Menteri Bidang Kerjasama International Kementerian Ketenagakerjaan, Suhartono di BBPLK Bekasi, Jawa Barat pada Selasa (20/8). 

Seleknas Calon Kompetitor ASC ini dilaksanakan pada tanggal 20 s.d. 22 Agustus 2019 yang diselenggarakan di 10 (sepuluh) lokasi antara lain BBPLK Bekasi, BBPLK Bandung, BBPLK Semarang, BBPLK Serang, Hotel Horison Ultima Bekasi, Puspita Martha Beauty International School Jakarta, Universitas Bina Nusantara Jakarta, Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Jakarta, dan Akademi dan Komunitas Toyota Indonesia (AKTI) Karawang, serta SMKN 1 Batam.

Seleknas ini diikuti oleh 300 (tiga ratus) orang yang terdiri dari para juara Seleksi Daerah (Selekda) dari berbagai provinsi di Indonesia yang berhasil melampaui passing grade, Juara Lomba Ketrampilan Siswa (LKS) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan perwakilan dari industri. 

Adapun Seleknas ini bertujuan untuk memilih 3 (tiga) calon kompetitor terbaik pada kejuruan individu dan 2 (dua) tim terbaik pada kejuruan beregu/tim yang selanjutnya akan diikutsertakan pada pemusatan latihan (Training Centre/TC) di lembaga pendidikan dan pelatihan yang telah ditetapkan.

Dalam sambutannya, Suhartono meminta agar penyiapan keikutsertaan Indonesia pada ASC ke- XIII Tahun 2020 harus dilaksanakan secara profesional dan didukung oleh banyak pihak. 

“Pihak-pihak seperti pemerintah daerah sangat diharapkan partisipasinya pada tahap seleksi di tingkat daerah; industri dan lembaga pelatihan maupun pendidikan sangat diharapkan dukungannya pada tahap seleksi maupun pemusatan pelatihan,” kata Suhartono.

Suhartono berpesan kedepannya agar pemerintah daerah diharapkan dapat lebih meningkatkan perannya, baik dalam pendanaan maupun upaya pencarian calon kompetitor tingkat provinsi yang lebih berkualitas, dan juga industri yang belum berpartisipasi diharapkan dapat ikut ambil bagian dalam kegiatan ini nantinya.

the authorRetno Wulandari

Leave a Reply