Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Monday, September 16, 2019
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Beriklan di Facebook Tidak Efektif untuk Jualan Online?

Views

TOPCAREER.ID – Kini kian banyak orang lebih memilih berbelanja secara elektronik alias online daripada harus datang ke toko atau tempat perbelanjaan. Lewat belanja online dapat dengan mudah mencari barang yang diinginkan. Jika kamu kebetulan punya lapak online, promosi atau beriklan tetap wajib dilakukan. Sebab, yang berjualan online juga banyak. Untuk ditemukan calon pembeli, penjual tetap perlu merancang strategi khusus. Dua tempat yang bisa jadi pilihan beriklan adalah Facebook dan Amazon.

Kamu tentu sering lihat ada lapak e-commerce muncul di timeline Facebook-mu. Dengan miliaran pengguna Facebook adalah media sosial terbesar di dunia sekaligus tempat berpromosi yang berpotensi disimak banyak orang. Namun perlu dicamkan, ketika Facebook menjadi platform e-commerce terbesar di dunia, bukan berarti Facebook menjadi pilihan jitu mempromosikan produk atau jasa yang dijual oleh perusahaan.

Pew Research menyatakan 69 persen orang dewasa di Amerika mengunakan facebook, namun mereka mengunjungi laman Facebook bukan untuk berbelanja secara elektronik, melainkan menambah pertemanan serta berkomunikasi dengan rekan atau kerabat. Buruknya, banyak pengguna yang merasa terganggu oleh iklan di Fcebook, karena seringkali iklan yang ditampilkan tidak relevan dengan minat mereka.

Berbeda dari Facebook, ketika orang berkunjung ke laman Amazon, pengguna memang secara sengaja pergi ke laman tersebut untuk berbelanja. Inilah mengapa memasang iklan di Amazon akan lebih efektif untuk meningkatkan penjualan.

Ada beberapa alasan mengapa iklan di Amazon lebih tepat sasaran:

Ada pengguna yang siap membeli
Studi NPR/Marist mengatakan bahwa 44 persen pembeli online memulai pencarian produk mereka di Amazon, hasil ini lebih besar dibandingkan pencarian produk yang dimulai dengan pencarian Google yaitu sebanyak 33 persen.

Iklan Amazon dianggap lebih dapat dipercaya
Menurut data yang dikeluarkan Qualtrics, 82 persen pembeli memeriksa ulasan produk maupun toko. Inilah salah satu alasan di balik kesuksesan Amazon. Amazon memberikan pilihan kepada pengguna untuk meninggalkan ulasan dari produk yang mereka beli. Iklan produk bersponsor adalah salah satu pengiklanan Amazon yang paling populer.

Iklan produk bersponsor ini membuat daftar kata kunci yang akan membuat iklan kamu muncul di hasil pencarian lengkap dengan peringkat bintang. Jika penjual mendapat ulsan yang positif, ini membuat pengguna lebih cenderung untuk mengklik postingan yang disponsori. Ulasan produk di Amazon lebih dapat dipercaya dibandingkan di Facebook. Karena ulasan di Amazon dianggap sebagai ulasan dari pembeli asli.

Ada beberapa variasi jenis iklan yang perlu dicoba
Selain produk bersponsor, amazon juga menawarkan iklan merk bersponsor yang dikenal sebagai iklan utama. Iklan merek bersponsor ini mendominasi hasil pencarian di Amazon. Iklan ini dapat memperlihatkan dan membawa pembeli untuk melihat produk kamu secara keseluruhan. Selanjutnya ada iklan bergambar produk yang bisa menjadi salah salu pilihan pengiklanan lainnya. Iklan ini menjangkau pengguna untuk melihat produk yang serupa.

Sebaliknya di Facebook. Ketika Facebook dapat menjadi platform yang hebat untuk meningkatkan merek anda, ini tidak selalu mengarah pada penjualan produk. Beriklan di Amazon akan lebih dapat menjangkau pengguna yang siap mencari dan membelli produk anda, dengan menggunakan kualitas gambar yang tinggi dan menawarkan kata kunci yang tepat dan benar.*

Penulis: Sherley Agnesia
Editor: Ade Irwansyah

the authorSherly Agnesia

Leave a Reply