Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, October 18, 2019
redaksi@topcareer.id
Tren

Badan Ekonomi Kreatif Dukung Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital

Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf (kiri) berbicara kepada CEO RuangGuru Belva Devara (kanan) dalam acara Gerakan Nasional 1000 Startup Digital yang diselenggarakan di Istora Senayan, Jakarta, pada Minggu (18/8/2019). (Bekraf/Jannisha R Dewi)
Views

TOPCAREER.ID – Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mendukung acara yang digagas oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bertajuk Gerakan Nasional 1000 Startup Digital. Selain Bekraf, kegiatan ini juga didukung oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Ristekdikti, dan Kemenpora.

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital diselenggarakan di Istora Senayan, Jakarta, pada Minggu (18/8/2019). Acara secara resmi diluncurkan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla. Mengusung tagline Ignite The Nation, acara ini dijadikan momentum perayaan bagi digital milenial Indonesia.

Dalam sambutannya, Jusuf Kalla mengingatkan para peserta acara untuk turut berpartisipasi membangun bangsa dengan cara membangun usaha, salah satunya melalui start up. “Bukan Anda yang tergantung pada pemerintah, justru pemerintah yang bergantung pada Anda semua. Kalau Anda semua tidak usaha, negara bisa mati. Berusahalah, maka Anda berpartisipasi untuk negara,” ujarnya.

Kepala Bekraf, Triawan Munaf, turut hadir dalam acara Gerakan Nasional 1000 Startup Digital. Triawan hadir sebagai Mentor Sektor Prioritas, bersama Menkominfo Rudiantara, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, dan Kepala BKPM Thomas Lembong.

Triawan menyampaikan bahwa ekonomi kreatif bisa menjadi ladang bagi para start up di Indonesia untuk mengembangkan usahanya. “Subsektor ekonomi kreatif yang ada di Indonesia sudah ada dari dulu, hanya saja belum diakselerasi. Kita harus bisa mempercepat akselerasi tersebut dengan solusi dari orang-orang yang ada di sini. Contohnya kuliner, adanya GoFood mempercepat pertumbuhan subsektor kuliner di Indonesia,” kata Triawan seperti dikutip dari laman Bekraf, Selasa (20/8/2019).

Selain mentoring dari menteri dan kepala badan, ada juga mentoring dari sejumlah pemimpin perusahaan start up unicornseperti CEO Bukapalak Achmad Zaky, CEO Tokopedia William Tanuwijaya, dan CEO Traveloka Ferry Unardi. Acara Gerakan Nasional 1000 Startup Digital dibagi menjadi tiga sesi panel yaitu Mentor Sektor Prioritas, Successful Dream Chasers, dan 1000 Startup Steercommittee & Ecosystem Builder.

the authorRetno Wulandari

Leave a Reply