TopCareerID

Hindari Sikap Tak Profesional Ini di Tempat Kerja

TOPCAREER.ID Di manapun kamu bekerja, tentu akan sangat baik jika bersikap professional. Karena hal itu akan menjadi salah satu nilai pendukung untuk peningkatan karir.

Menjadi profesional berarti selalu berikan yang terbaik dalam bekerja kepada perusahaan. Akan tetapi kita juga memiliki beberapa kebiasaan buruk yang tidak layak untuk dilakukan di tempat kerja. Masalahnya terkadang kita tidak menyadari perilaku yang bisa mmembuat bekerja jadi terlihat tidak profesional.

Dilansir laman Thewerklife.com ada beberapa hal yang sebaiknya dihindari agar tidak terlihat tidak professional di tempat kerja.

Terlambat
Berusahalah untuk selalu datang tepat waktu, akan lebih baik lagi jika bisa datang sebelum waktu bekerja dimulai. Selain terlihat tidak profesional, terlambat juga bisa mengganggu agenda yang sudah dijadwalkan.

Komplain
Jangan terlalu banyak komplain dalam bekerja, bukan berarti tidak boleh mengajukan komplain apabila ada hal yang kurang sesuai dengan harapan kita, namun akan lebih baik jika kita lebih introspeksi diri sebelum mengajukan komplain. Karena komplain yang berlebihan dan terlalu sering bisa dicap sebagai pribadi yang tidak profesional.

Interupsi
Dalam sebuah rapat di kantor, tentu akan selalu ada beberapa kelompok yang sedang melakukan diskusi mengenai beragam hal. Jangan suka menginterupsi diskusi mereka, apalagi interupsinya dengan merasa bahwa kita lebih pintar daripada mereka. Tidak ada orang yang suka di interupsi dengan cara yang tidak menyenangkan.

Bergosip
Bekerja di kantor memerlukan fokus untuk mendapat hasil kerja yang baik, jangan jadi orang yang suka menebar gosip, karena bergosip benar-benar merupakan perilaku yang sama sekali tidak profesional di sebuah perusahaan. Apalagi jika isinya menghasut dan menjelekkan perusahaan.

Menebar janji yang tidak sanggup ditepati
Perusahaan senang akan orang yang sanggup menyelesaikan pekerjaannya dengan tepat waktu, namun jangan lantas menjadi orang yang mudah mengumbar janji kepada atasan atau rekan kerja. Jangan janjikan hal yang tidak mungkin sanggup dikerjakan dalam waktu singkat. Akui saja dan jujur untuk mengutarakan kesanggupan yang tidak dilebih-lebihkan. Ingat, lebih baik jika mengaku bisa menyelesaikan pekerjaan dalam waktu yang tidak terlalu singkat daripada mengumbar janji sanggup menyelesaikannya dalam waktu yang singkat namun tidak berhasil memenuhinya.

Mengenakan busana berlebihan
Setiap kantor pasti mempunyai aturan dalam berpakaian. Sebaiknya aturan tersebut dipatuhi, jangan berpakaian secara berlebihan hanya karena ingin menjadi pusat perhatian. Alih-alih menjadi pusat perhatian yang baik malah jadi terlihat sangat tidak profesional.

Itulah beberapa hal yang bisa membuat terlihat tidak profesional di tempat kerja, yang terkadang kita tidak sadar melakukannya, sering-seringlah introspeksi diri, berhati-hati dalam bersikap di tempat kerja. Ingatlah bahwa bertindak profesional sangat diperlukan di perusahaan manapun Anda bekerja.*

Editor: Ade Irwansyah

Exit mobile version