Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Monday, September 16, 2019
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Stres di Kantor, Begini Mengatasinya?

Views

TOPCAREER.ID – Bekerja harus siap dituntut banyak hal. Mulai dari target pekerjaan dari atasan. Belum lagi bila ada masalah dengan rekan kerja, klien, dan sebagainya. Hal semacam ini bisa membuat stres. Padahal dalam bekerja kita harus tetap fokus. Lalu, bagaimana cara agar stres tidak mengganggu kinerja kita?

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan mengenai stress management agar kita tetap bisa cooling down dan tetap fokus dalam bekerja. Dikutip dari tendmend.com ada beberapa tips untuk mengatasi stres saat bekerja.

Ketahui batasan diri
Dalam bekerja, kita seringkali menerima tugas tambahan yang seharusnya kita tidak perlu lakukan. Namun demi profesionalitas kerja, kita terpaksa melakukannya. Kenalilah batas kemampuan diri, bila dirasa terlalu berat, coba libatkan rekan satu tim untuk membantu. Apabila masih dirasa berat, diskusikan dengan baik dengan atasan, dengan begitu bekerja tetap bisa optimal

Hindari gosip
Menghindari gosip bisa membuat diri lebih tenang dalam bekerja, karena jika sampai terlibat gosip dan yang sedang digosipkan adalah orang yang kita kurang sukai, akan bisa mengganggu pikiran dan justru malah meningkatkan emosi. Hal ini selain bisa mengakibatkan stres, pekerjaan juga terganggu.

Cari teman
Mencari teman baik dalam bekerja sungguh perlu. Bukan untuk dijadikan teman bermain, namun jadikan teman baik di tempat kerja. Sang teman tersebut bisa jadi tempat meminta bantuan saat menyelesaikan pekerjaan yang overload atau diskusi untuk meredam stres. Jadikan teman dekat di tempat kerja sebagai penyemangat.

Mengambil waktu break sejenak
Pekerjaan yang menumpuk bisa meningkatkan stres dengan signifikan. Bila merasa sudah terlalu lelah, ambillah waktu istirahat sejenak, bisa dengan keluar ruangan mencari oksigen baru, mendengarkan musik yang easy listening untuk menenangkan pikiran, atau bisa juga dengan menyempatkan menghirup aroma therapy. Lakukan semuanya dengan rileks, sehingga bisa menyegarkan kembali pikiran yang stres.

Demikian beberapa tips untuk mengatasi stress di tempat kerja. Lakukanlah tips dengan rentang waktu yang secukupnya, jangan sampai kelewatan dan menyebabkan pekerjaan yang sudah terjadwal malah jadi terbengkalai.*

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply