TopCareerID

Tren Bisnis 2020, Budaya Customer-Centric

TOPCAREER.ID Banyak perusahaan dan bisnis baru kini muncul yang juga melahirkan pengusaha-pengusaha baru. Mereka orang-orang yang jeli mengidentifikasi celah pasar saat ini dan menciptakan bisnis.

Bisnis baru muncul umumnya saat melihat bagaimana pesaing tidak dapat memberikan layanan atau produk yang baik. Hal ini membuka ruang untuk pertumbuhan bisnis di suatu sektor. Pengusaha yang melihat peluang itu akan berhasil membangun bisnisnya.

Kuncinya adalah menggunakan ukuran untuk mendapat keuntngan. Pada tahun 2019, pelanggan menginginkan layanan dan produk yang lebih murah dan lebih cepat. Jadi untuk mengambil pangsa pasar, kamu harus bersaing sesuai dengan tingkat perusahaan dan tidak menjual terlalu banyak.

Seiring dengan berkembangnya pasar, sangat penting menjaga keinginan pelanggan dalam strategi bisnis anda. Diwartakan Entrepreneur.com, tahun depan apa yang disebut customer-centric bakal tren, yakni segala aktivitas perusahaan didedikasikan untuk kepuasan pelanggan.

Prinsip utama customer-centric adalah semua berpusat kepada pelanggan. Ada lima alasan mengapa kamu dapat menggunguli pesaing yang meliputi, kepercayaan, kecepatan, pencitraan suatu merek, layanan pelanggan dan biaya. Dengan menerapkan customer-centric akan membuat merek kita akan berbeda dengan yang lainnya.

Di tahun 2020, untuk membuat pelanggan setia pada brand kamu, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Berikut cara mempraktikkan customer-centric untuk bisnis yang kamu jalani.

Beriklanlah!
Investasikan produk dengan beriklan Google maupun Facebook. Ini akan membantu pelanggan mengetahui bisnismu, menarik perhatian mereka dengan iklan yang kamu buat. Pastikan kamu mendapatkan hasil yang maksimal dengan memusatkan pangsa pasarmu.

Layani pelanggan melebihi layanan pesaing
Tawarkan layanan kepada pelanggan yang tidak diberikan oleh pesaing kamu. Layanan tersebut dapat berupa pengiriman barang gratis, atau catatan terima kasih setelah mereka selesai berbelanja. Ketika terus menambah dan mengembangkan layanan, itu artinya kamu secara proaktif menetapkan standar pada pasar.

Kirimkan kode diskon pada hari ulang tahun dan hadiah karena menjadi pelanggan tetap dengan menggunakan email pribadi. Ketika pelanggan merasa diperlakukan dengan istimewa dan dihargai, komunitas pelanggan akan tumbuh dengan sendirinya. Hal tersebut akan memberi peluang terbaik agar pelanggan akan kembali membeli produk atau jasa yang kamu tawarkan. Kamu juga sekaligus menggubah penggemar menjadi pembeli.

Bersikap rendah hati
Rekrutlah karyawan secara baik dan bermartabat. Dalam upaya untuk menjadi yang terhebat, kamu harus tetap rendah hati. Memahami bahwa tidak ada pekerjaan yang kecil. Ini membuat semangat pada perusahaan anda dan hal tersebut akan terlihat oleh pelanggan bahwa organisasi perusahaanmu baik dengan menghargai semua orang secara setara.

Editor: Ade Irwansyah

Exit mobile version