Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, October 18, 2019
redaksi@topcareer.id
Profesional

Studi: Pengusaha yang Pesimis Lebih Sukses

Views

TOPCAREER.ID Untuk terjun menjalankan bisnis, kepercayaan diri dan sikap optimisme itu perlu ditumbuhkan. Tapi, studi terbaru menemukan bahwa para pengusaha yang pesimis lebih sukses dibandingkan mereka yang optimis.

Studi yang dilakukan oleh sejumlah peneliti di Inggris ini membeberkan bahwa para pengusaha baru dengan dengan tingkat optimismme tinggi menghasilkan laba sekitar 30 persen lebih rendah dibandingkan yang dihasilkan para pesimis.

Seperti dilansir Study Finds, penelitian ini dilakukan para peneliti dari jurusan Manajemen University of Bath’s School.

Para peneliti mengatakan, penemuannya dapat memberikan pencerahan tentang mengapa hanya setengah dari bisnis baru di Inggris yang dapat bertahan dalam lima tahun pertamanya.
Dalam studinya, para peneliti menelusuri sejumlah partisipan yang beralih dari karyawan untuk mendirikan bisnis sendiri. Hasilnya menunjukkan bahwa para pengusaha yang secara berlebihan optimis seringkali kurang realistis dalam menentukan target bisnisnya.

Pada akhirnya, para pengusaha baru yang terlalu percaya diri dengan mudah mengestimasi peluang sukses secara berlebihan. Di waktu yang sama mereka juga meremehkan kemungkinan gagal yang dihadapi usahanya.

Dengan begitu, mereka seringkali tidak siap menghadapi tantangan dan hambatan yang dapat meruntuhkan bisnisnya jika tidak diatasi dengan baik.

“Hasil kami menunjukkan bahwa terlalu banyak orang yang kini merintis bisnis sendiri. Ketika sebagian besar masyarakat menganggap optimisme dan pola pikir pengusaha sangat penting, tapi saat kedua sikap itu digabungkan, perlu ada cek realita di lapangan,” papar Profesor Ekonomi Bisnis University of Bath’s School of Management, Chris Dawson.

Dia juga menjelaskan, pesimisme tidak selalu menggambarkan sikap putus asa. Tapi sifat itu justru menghindarkan banyak orang dari proyek-proyek bisnis yang tidak menguntungkan.*

Penulis: Hilda Ilmahil Arofah
Editor: Ade Irwansyah

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply